Description

Perjuangan Pasien Covid yang Sembuh Mengonsumsi Herbal

Nelly Leony yang kembali beraktifitas menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat setelah sembuh dari covid-19.
Nelly Leony yang kembali beraktifitas menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat setelah sembuh dari covid-19. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Nelly Leony terkejut tatkala dirinya dinyatakan positif Orang Tanpa Gejala (OTG) covid-19 oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya.

Kabar itu ia terima pada hari Jumat, 21 September 2020, empat hari setelah menjalani tes swab pada hari Senin (21/9) sebelumnya.

Saat itu Nelly yang merupakan anggota DPRD Kubu Raya ini menjalani tes swab bersama rekan-rekannya di kantor. Sehingga oleh Dinas Kesehatan ia diwajibkan menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Perjuangannya melawan covid-19 untuk mencapai kesembuhan tidak lah semudah membalikan telapak tangan kendati ia tidak memiliki riwayat penyakit penyerta. Namun Ia terpaksa harus tinggal di ruangan terpisah untuk menghindari keluarganya terpapar covid-19.

“Saya harus tinggal di sebuah ruangan yang terletak di belakang rumah yang memang ada kamarnya,” ucapnya saat menceritakan pengalamannya kepada BerkatnewsTV, Minggu (29/11).

Awalnya Nelly mengaku memiliki rasa takut bahkan panik. Betapa tidak, ia telah banyak mendengar cerita pasien yang terserang virus covid-19 akan berakhir hidupnya. Ditambah vonis sosial dari masyarakat yang harus dihadapinya.

Namun, kegalauan hati dan pikirannya itu perlahan terobati lantaran sang suami dan keluarga memberikan semangat dan perhatian khusus setiap harinya.

Nelly pun mulai timbul semangat kembali. Saban pagi ia berjemur di matahari pagi kurang lebih selama satu jam seraya olahraga. Aktifitas itu ia lakukan juga sambil menanam bunga dan sayur mayur.

Dan untuk meningkatkan imunitas tubuhnya, Nelly mengonsumsi vitamin, buah-buahan dan minuman herbal dari tanaman yang mudah di dapat di lingkungan sekitar.

“Saya minum air kelapa dicampur madu satu sendok, garam secukupnya dan jeruk nipis setengah sendok setiap siang. Jangan pakai es. Kemudian daun sirih saya kunyah setelah hancur dimulut ditelan,” tuturnya.

Tak hanya itu, jenis tanaman herbal lain yang dikonsumsi Nelly seperti membuat ramuan tradisional dari bahan jahe, kunyit, temulawak, dan lemon.

Ramuan ini tidak setiap hari diminumnya tapi selang tiga hari sekali. Ramuan herbal ini semuanya untuk meningkatkan imunitas tubuh

“Awalnya reaksi badan terasa panas, berkeringat. Tapi beberapa jam kemudian badan terasa segar dan enak. Tidak ada saya minum obat-obat medis, paling hanya vitamin yang banyak dijual di apotik,” tuturnya.

Untuk makan, ia lebih banyak mengonsumi sayur mayur yang dibuat tanpa bersantan untuk menghindari minyak yang berlebihan.

Alhasil, hari ke-14 pun tiba. Surat pemberitahuan dari Dinas Kesehatan Kubu Raya memberitahukan bahwa ia telah dinyatakan sembuh dari covid-19 sehingga boleh melakukan aktifitas keluar.

“Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa akhirnya saya diberikan kesembuhan. Dan terima kasih kepada suami dan anak-anak serta kelurga dan teman-teman telah memberikan dukungan agar saya tetap harus semangat dan kuat untuk melawan covid-19,” ujarnya.

Ia pun tak henti-hentinya menyampaikan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan mencuci tangan, mengggunakan masker, menjaga jarak, dan meningkatkan imunitas.

Ia menilai, pengalamannya terserang virus covid-19 hendaknya menjadi pembelajaran kepada seluruh keluarga dan masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Sebab yang namanya si covid-19 ini menyerang tanpa mengenal siapapun dan dimanapun. Oleh karena itu akan lebih baik kita mencegah daripada mengobati,” imbaunya.

Sekarang, Nelly sudah bisa kembali beraktifitas menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat di lembaga DPRD Kubu Raya.

Bunga yang ditanamnya pun mulai mekar. Begitu pula sayur mayur yang ditanamnya bakal dipanen dalam beberapa hari kedepan untuk dinikmati sebagai penambah gizi dan protein.(rob)