Kepala BPS Kabupaten Sekadau Agus Hartanto
Kepala BPS Kabupaten Sekadau Agus Hartanto

Sekadau, BerkatnewsTV. BPS mencatat indek pembangunan di Kabupaten Sekadau dalam katagori berkembang.

“Jika berbicara tentang indeks pembangunan, Sekadau sudah masuk kategori Berkembang,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sekadau, Agus Hartanto, Selasa (6/10).

Ia jelaskan pembangunan di suatu daerah tidak bergantung pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM), akan tetapi dapat dilihat dari indikator percepatan laju IPM di daerah tersebut.

Kabupaten Sekadau menempati urutan ke empat se-Kalimantan Barat jika dilihat dari indikator percepatan laju IPM.
mengungkapkan, berjalan tidaknya pembangunan bukan dinilai dari ranking Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Untuk tahun 2019, percepatan laju IPM Sekadau itu nomor 4 se-Kalbar. Dengan persentase 1,02 persen, jadi ada percepatan proses pembangunan di Kabupaten Sekadau,” bebernya.

Baca Juga:

Agus menuturkan, saat ini di BPS tidak bicara mengenai ranking lagi.

“Karena kalau mau cepat ya kabupaten/kota lain tidak usah membangun, biar kita bergerak sendiri, yang lain stagnan. Baru bisa laju, ranking dua, ranking satu, bisa,” jelasnya.

Maka dari itu, kata dia, yang dilihat adalah indikator percepatan laju IPM, karena seluruh kabupaten/kota di Indonesia itu melakukan pembangunan dan program juga sudah terencana sesuai dengan RPJMD nya masing-masing.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup.

IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan dan sebagainya.(gun)