Kapolsek Sui Raya saat memberikan masker kepada pengendara yang terjaring operasi yustisi.
Kapolsek Sui Raya saat memberikan masker kepada pengendara yang terjaring operasi yustisi. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Tim gabungan terdiri dari TNI/Polri, Sat Pol PP dan petugas kesehatan dari Puskesmas Sui Durian melakukan operasi yustisia di depan Mapolsek Sui Raya, Rabu (23/9) pagi.

Alhasil, banyak pengendara kendaraan yang terjaring operasi diberikan sanksi lantaran melanggar protokol kesehatan yakni tidak menggunakan masker.

Bahkan, mereka langsung dilakukan tes swab di Puskesmas Sui Durian yang letaknya persis di depan Mapolsek Sui Raya.

“Jadi kita laksanakan operasi yustisi dengan rekan kita dari TNI, Sat Pol PP dan petugas Puskesmas Sui Durian. Sasarannya adalah para pengendara kendaraan yang tidak menggunakan masker,” jelas Kepala Polsek Sui Raya, AKP Sutrisno.

Baca Juga:

Para pengendara yang melanggar protokol kesehatan itu sambung Kapolsek diberikan sanksi sosial seperti push up maupun menyanyikan lagu kebangsaan.

“Penindakan kita komunikasikan dengan Sat Pol PP seperti push up atau menyanyikan lagu kebangsaan dan sanksi sosial lainnya. Dan mereka juga wajib dilakukan tes swab di Puskesmas,” ucapnya.

Diakui Kapolsek, tingkat kepatuhan masyarakat menggunakan masker masih sangat rendah. Itu terlihat dari hasil yang didata oleh petugas.

“Prosentasenya dari 10 orang, 3 atau 4 orang yang tidak menggunakan masker. Artinya sekitar 60 persen yang patuh. Alasannya berbagai macam seperti ketinggalan atau hanya digantungkan di leher,” tuturnya.

Kapolsek pun mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan 3 M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.(rob)