Wakil Gubernur Kalbar dan Bupati Sekadau membuka MTQ XXVIII Tingkat Provinsi Kalbar dengan memukul bedug.
Wakil Gubernur Kalbar dan Bupati Sekadau membuka MTQ XXVIII Tingkat Provinsi Kalbar dengan memukul bedug. Foto: Gun

Sekadau, BerkatnewsTV. MTQ XXVIII Tingkat provinsi di Sekadau resmi dibuka Wakil Gubernur Kalbar, Rabu (16/9) malam.

“Hal ini sebagai upaya mendorong semangat generasi muda muslim untuk mempelajari, memahami dan mencintai kitab suci Al-quran, dengan harapan kelak di kemudiam hari akan terwujud generasi-generasi Qurani yang berprestasi sampai tingkat nasional,” kata Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan.

Wagub berharap, MTQ yang telah membudidaya di tengah masyarakat ini bukan hanya sekedar berkembang dari segi syiar dan kualitas penyelenggaraannya.

Namun juga harus dapat mewarnai wajah umat Islam dan masyarakat agar makna yang terkandung di dalam Al-quran dapat dipahami dan diamalkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

“MTQ ini bukan hanya tentang prestasi. Prestasi adalah hal yang utama, tetapi yang lebih utama adalah bagaimana membumikan Al-quran sebagai nafas kita, pegangan hidup kita serta sebagai kepribadian kita,” harapnya.

Ria Norsan menuturkan, MTQ XXVIII seharusnya dilaksanakan pada bulan April. Akibat pandemi covid 19, terpaksa dilaksanakan pada bulan September.

Baca Juga:

“Sehingga, pelaksanaan sebelumnya menggunakan pola faktual untuk saat ini harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada menggunakan pola virtual,” jelasnya.

Akibatnya, kata dia, terdapat perubahan-perubahan kebijakan yang menyesuaikan dengan kondisi new normal atau adaptasi kebiasaan baru seperti pembelajaran melalui virtual bagi siswa-siswa sekolah dan mahasiswa perguruan tinggi.

“Jadikan perbedaan sebagai perekat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan. Kuncinya adalah mari kita saling menghormati satu dengan yang lain,” ajak Ria Norsan.(gun)