Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Ruchanihadi memberikan keterangan pers terkait kesembuhan dua orang pasien
Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Ruchanihadi memberikan keterangan pers terkait kesembuhan dua orang pasien Foto: Mizar

Singkawang, BerkatnewsTV. Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Ruchanihadi memberikan keterangan pers terkait kesembuhan dua orang pasien yang sebelumnya sempat dinyatakan positip Covid-19.

“Ada dua pasien yang saat ini sudah dinyatakan sembuh, mereka adalah pasien perempuan dengan masing-masing usia 30 tahun dan 22 tahun,” katanya. 

Wanita usia 30 tahun ini sempat dinyatakan terkonfirmasi positip Covid-19 pada tanggal 29 Agustus 2020. 

“Namun dia dinyatakan sembuh setelah melewati hasil Swab Testnya dengan hasil negatif pada tanggal 10 September 2020. Dengan demikian, berarti pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh,” ujarnya. 

Sedangkan pasien perempuan usia 22 tahun, lanjutnya, sempat dinyatakan terkonfirmasi positip Covid-19 pada tanggal 26 Agustus 2020 dan sempat menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Abdul Aziz Singkawang selama 16 hari. 

“Selama dirawat kondisi pasien semakin membaik bahkan cenderung sehat dan telah dilakukan swab test pada tanggal 11 September 2020 dan hasil swab testnya dinyatakan negatif (sembuh). Sehingga pasien tersebut sudah bisa pulang dari ruang isolasi,” ungkapnya.

Disamping itu juga, RSUD Abdul Aziz Singkawang sudah melakukan pemeriksaan swab test kepada keluarga pasien yang terkonfirmasi positip Covid-19. 

“Alhamdulilah, hasil pemeriksaan yang dilakukan menyatakan negatif,” jelasnya.

Baca Juga:

Dengan sudah sembuhnya kedua pasien tersebut, berarti mereka sudah bisa beraktivitas di masyarakat seperti biasa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

“Artinya kedua pasien yang sudah sembuh ini sudah bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat, sehingga tidak perlu menimbulkan keresahan atau kekhawatiran akan menularkan wabah Covid-19,” tuturnya.

Meski demikian, dia tetap mengingatkan bahwa wabah Covid-19 tetap bisa menularkan dari orang ke orang. “Artinya, meskipun pasien sudah sembuh, mereka bisa kena lagi apabila tidak disiplin terhadap protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu. Salah satu pasien yang sudah sembuh mengucapkan terima kasih kepada pihak RSUD Abdul Aziz Singkawang yang sudah memberikan pelayanan yang baik kepada dirinya. 

“Selama 16 hari saya dirawat di ruang isolasi RSUD Abdul Aziz Singkawang, saya dan pasien lainnya dirawat dan dilayani dengan baik,” katanya. 

Selama dirawat, dia selalu diberikan infus, vitamin dan obat-obatan. Setiap hari juga pasien selalu dicek tensi darahnya dan diberikan pengobatan sesuai dengan gejala yang dialami masing-masing pasien.

“Syukurlah setelah 16 hari dirawat, saat ini saya sudah dinyatakan sembuh dan sudah boleh pulang ke rumah untuk berkumpul kembali dengan keluarga,” ujarnya. 

Dia berpesan, kepada masyarakat Singkawang jangan terlalu takut dalam menghadapi wabah Covid-19, namun tetap harus waspada dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah.(mzr)