Description

Desa-desa di Sintang Dilanda Banjir

Anggota kepolisian saat bantu evakuasi warga yang terdampak banjir.
Anggota kepolisian saat bantu evakuasi warga yang terdampak banjir. Foto: ist

Sintang, BerkatnewsTV. Cuaca buruk minggu ini berujung pada banjir di sejumlah titik. Anggota Polres Sintang turun tangan membantu warga terdampak.

Jum’at (10/7) sekitar jam 17.30 wib air Sungai Kayan dan Sungai Tebidah di Desa Nanga Tebidah Kecamatan Kayan Hulu meluap naik. Personil Polsek Kayan Hulu dengan sigap langsung melakukan pengecekan ke bantaran sungai.

“Tebidah sudah diguyur hujan 4 (empat) malam berturut – turut, Kondisi air sekarang diperkirakan sekitar 2 m dari bibir sungai, “ kata Kapolsek Kayan Hulu Iptu Sutrisno, Sabtu (11/7).

Untuk rumah-rumah yang ada pada radius 100 meter dari bibir sungai banyak yang terendam dengan kedalaman bervariasi antara 50 -200 cm.

Terdapat sekitar 100 buah di sekitar pusat Kecamatan yang terendam banjir. Dari Kecamatan Serawai dilaporkan sedikitnya 8 desa yang terkena banjir.

“Sore kemarin, di Dermaga Serawai, ketinggian air mencapai 3 meter. Saat ini sudah banyak pedagang yang memindahkan barangnya ketempat yang lebih aman. Sejumlah personil kita sudah turun di lapangan membantu proses evakuasi barang warga dan ada yang door to door system untuk memberikan pertolongan kepada keluarga lansia, janda dan anak-anak,” kata Kapolsek Serawai, Iptu M. Rasyid.

Di Kecamatan Ambalau, Sabtu (11/7) pagi, Bripda Bobby Susanto sudah membantu pengendara motor yang mengalami kemacetan akibat terjebak banjir di Desa Nanga Kemangai.

Baca Juga:

Tampak terlihat ada beberapa warga yang mencoba melewati banjir dengan kendaraan bermotor namun mengalami mogok akibat kemacetan mesin terendam air.

Di Kayan Hilir, Bhabinkamtibmas Polsek Kayan Hilir Brigpol Joko Utomo, membantu warganya mengerjakan parit di Desa Mentunai.

Hal ini ia lakukan untuk meringankan pekerjaan warga desa binaannya tersebut.

“Apabila tidak di buat aliran air seperti parit di depan rumah maka dengan kondisi yang setiap hari hujan seperti sekarang ini, sewaktu-waktu airnya akan mengenangi halaman rumah bahkan bisa saja air masuk ke rumah penduduk,” ujarnya.

Di Ketungau Hilir, Brigpol Ilman, personil jajaran Polsek Ketungau Hilir datang menyambangi warga untuk memberikan imbauan mengenai kewaspadaan terhadap banjir. (yti)