Penerima BLT di Desa Parut Baru yang diserahkan simbolis oleh Sekda Kubu Raya, Kepala DPMPD, Camat Sui Raya dan Kades Parit Baru. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Sebanyak 117 desa di Kubu Raya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBDes.

Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam menyebutkan diperkirakan jumlah penerima BLT di Kubu Raya sebanyak 12 ribu Kepala Keluarga (KK).

“Penerima di setiap desa bervariasi. Seperti di Desa Parit Baru ini sebanyak 200 KK penerima BLT,” ungkap Yusran usai memberikan BLT secara simbolis di Desa Parit Baru, Jumat (22/5).

Hingga kini, sudah ada 25 desa dari total 117 desa di Kubu Raya yang telah menyalurkan BLT. Desa lain terus menyalurkannya hingga sampai setelah lebaran.

Disebutkan Yusran, BLT ini diberikan selama enam bulan kedepan. Dengan nilai Rp600 ribu per bulan per KK selama tiga bulan. Kemudian Rp300 ribu per bulan per KK untuk tiga bulan berikutnya.

“Ketentuan ini sudah diatur oleh pemerintah pusat. Setiap desa mengalokasikan dana desanya pun juga bervariasi. Sudah ditentukan persentasenya dari pemerintah pusat. Jadi bukan dari desa itu sendiri yang menentukan nilainya,” jelasnya.

Yusran berharap masyarakat dapat memahami kebijakan pemberian BLT dana desa yang tidak diberikan kepada semua kepala keluarga.

Baca Juga :
* BST di Kubu Raya Dicairkan
* 34 Ribu Paket Sembako di Kubu Raya

Meskipun kondisi pandemi saat ini notabene berdampak kepada semua orang. Menurut dia, pengambilan keputusan tidak semata didasarkan pada dampak yang ada.

“Kalau bicara dampak semua pasti terdampak. Tetapi tentu ada pertimbangan skala prioritas penduduk yang berhak mendapatkan bantuan tersebut. Karena dengan kemampuan yang terbatas tentu tidak mungkin memberikan bantuan ke seluruh penduduk,” tuturnya.

Berbagai skema bantuan baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, pemerintah desa dan berbagai pihak lainnya telah banyak yang disalurkan kepada masyarakat.

“Diperkirakan kepala keluarga penerima bantuan – bantuan tersebut bertambah. Diperkirakan mencapai 110 ribu kepala keluarga. Atau lebih dari 60 persen total kepala keluarga di Kubu Raya,” tambah Yusran.

Ditambahkan Yusran Pemkab Kubu Raya telah menyiapkan cadangan beras di masing-masing kecamatan.

“Di Gugus Tugas Kecamatan kita sudah salurkan tahap pertama kemarin 100 ton untuk sembilan kecamatan. Dan semalam juga sudah diadakan tambahan beras di masing-masing kecamatan. Sekiranya masih ada yang belum mendapatkan bantuan tapi memang layak prioritas untuk mendapatkan, silakan diusulkan oleh desa untuk dibantu,” tuturnya.

Salah satu penerima BLT, Nurjanah mengaku bersyukur menerima BLT. Ia akan gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kalau bisa untuk usaha dan kebutuhan har-hari. Alhamdullilah bisa terima ini. Semoga kita semua dilimpahkan rejeki dan berkah dari Allah SWT,” kata warga Dusun Cempaka Putih Desa Parit Baru ini.(rob)