Wakil Ketua DPRD Sintang Jefray Edward

Sintang, BerkatnewsTV. Merebaknya kasus Virus Corona beberapa pekan terakhir dan satu bulan menjelang Ramadan, harga-harga kebutuhan pokok di Kabupaten Sintang melonjak naik, seperti gula, beras, minyak, telor dan kebutuhan pokok lainnya.

Wakil Ketua DPRD Sintang Jefray Edward Disperindagkop UKM mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok menjelang Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri.

“Saat ini kabar Virus Covid 19 sangat luar biasa ya hingga menyedot perhatian semua pihak bahkan sembako pun saya dengar mulai naik harganya sebab itu saya baik masalah Corona maupun dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, sekaligus disambung dengan perayaan Idul Fitri. Tentu kebutuhan masyarakat akan makin meningkat dalam berbagai hal,” ujar Jefray, Senin (23/3).

Ia juga mengimbau pedagang untuk tidak mencari keuntungan pribadi dengan memanfaatkan momen Ramadhan dan Idul Fitri dengan cara menumpuk, menimbun kebutuhan Sembako.

“Para pedagang jangan mengambil keuntungan sesaat dengan menumpuk dan menimbun kebutuhan sembako. Lalu setelah harga naik baru dilempar pada masyarakat,” ungkap politisi PDIP ini.

Ia meminta Disperindagkop UKM menindak tegas pedagang yang menimbun barang-barang karena sudah menjadi keluhan rutin setiap tahun.

“Kalau kenaikannya masih dalam ring yang wajar karena hukum pasar itu memang demikian. Semakin tinggi permintaan, tentu semakin tinggi juga harga. Akan tetapi harus ada batas minimal dan maksimal kenaikannya,” katanya.(yti)