Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie melakukan video teleconference bersama para Camat, Forkopincam dan seluruh Lurah di ruang Telematics Control Management Room. Foto: Ist

Singkawang, BerkatnewsTV. Sebanyak 40 warga Kota Singkawang saat ini masuk dalam katagori Orang Dalam Pemantauan (ODP) lantaran diketahui baru pulang dari daerah lain bahkan luar negeri, seperti Sarawak, Hongkong, Malaysia, Israel, Korea Selatan, Italia dan Jakarta.

Data ini diketahui, setelah Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie melakukan video teleconference bersama para Camat, Forkopincam dan seluruh Lurah di ruang Telematics Control Management Room, Jumat (20/3) sore.

“Video Teleconference ini untuk mengetahui situasi terkini pasca ditetapkannya status KLB Covid-19 khususnya di lima kecamatan yang ada di Kota Singkawang,” kata Tjhai Chui Mie.

Puluhan orang yang masuk kategori ODP ini tersebar di lima kecamatan.

“Untuk puluhan warga yang baru pulang dari luar daerah bahkan luar negeri ini dalam pengawasan Dinas Kesehatan. Kita minta agar mereka terus dikawal sehingga kita bisa secepat mungkin mendeteksi orang-orang yang baru pulang dari luar daerah maupun daerah zona merah,” harapnya.

Tjhai Chui Mie sebutkan yang menjadi keharusan adalah, pertama, bahwa setiap kantor sudah harus ada penyemprotan disinfektan di kantor-kantor dan fasilitas umum.

Kedua, menyiapkan tempat cuci tangan, mengingat kurangnya Handsanitizer jadi bisa disiapkan sabun dan air yang mengalir serta tisu di kantor masing-masing.

“Kemudian kita tetap meminta kepada mereka mendata masyarakatnya di wilayah mereka masing-masing, apakah ada warga negara asing (WNA) yang datang/masuk atau keluarga yang datang dari daerah zona merah yang masuk ke wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Para Camat, Forkopincam dan Lurah diingatkan selalu mengimbau ke masyarakat untuk menunda kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang.(mzr)