Kepala Kantor Kementerian Agama Sekadau Tengku Indra Kusuma saat bimbingan manasik terhadap 60 CJH Sekadau. Foto: Gun

Sekadau, BerkatnewsTV. Meningkatnya kasus Virus Corona mengakibatkan pemberangkatan Calon Jemaah Haji Kabupaten Sekadau masih belum dapat dipastikan keberangkatannya.

Akan tetapi tidak menyurutkan Calon Jemaah Haji untuk mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Sekadau Kamis (19/3).

Kepala Kantor Kementerian Agama Sekadau Tengku Indra Kusuma menuturkan belum ada instruksi pembatalan keberangkatan calon jemaah haji Sekadau.

“Kita di Kementerian Agama belum ada tentang pembatalan keberangkatan jemaah calon haji untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2020,” ungkap Tengku Indra Kusuma.

Ia menyebut yang sudah ada pembatalan yaitu ibadah umroh yang ditunda keberangkatannya sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Sedangkan ibadah haji belum ada penundaan atau pembatalan keberangkatan jemaah calon haji.

“Mudah-mudahan ibadah haji tahun ini dapat terlaksana karena kita di Kementerian Agama lewat DPR RI belum ada tentang pembatalan keberangkatan jemaah calon haji untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2020,” harapnya.

Tengku Indra Kusuma juga mengajak untuk berdoa mudah-mudahan di tahun 2020  seluruh jemaah calon haji dapat melaksanakan ibadah haji.

60 orang jatah kuota Kabupaten Sekadau di dalam 60 orang ini juga belum bisa dikatakan berangkat semua. 99 persen kalau tidak ada halangan kita berangkat jika tidak ada larangan pergi melaksakan ibadah haji.

“Yang namanya haji itu kan panggilan Allah, ada saja halangan seperti yang terjadi pada tahun 2014 tentang pengurangan kuota haji yang berangkat ke tanah suci mekkah,” tukasnya.(gun)