Walikota Singkawang beserta puluhan investor berasal dari dalam hingga luar negri melakukan peninjauan lokasi bandara waktu lalu
Walikota Singkawang beserta puluhan investor berasal dari dalam hingga luar negri melakukan peninjauan lokasi bandara waktu lalu. Foto: dok BerkatnewsTV

Singkawang, BerkatnewsTV. Walikota Singkawang beserta puluhan investor berasal dari dalam hingga luar negri melakukan peninjauan lokasi bandara atau Site Visit di Kelurahan Pamilang Kecamatan Singkawang Selatan Kamis (14/1/2020).

Kunjungan para investor dari berbagai negara itu juga, dihadiri Pangdam XII Tanjungpura, Mayjend TNI Muhammad Nur Rahmad dan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono serta staf dari Kementerian Perhubungan RI.

Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan tidak hanya investor dari dalam negri, dari luar negri juga ikut dalam peninjauan lokasi rencana pembangunan bandara terebut.

“Ada 43 investor yang datang melakukan peninjauan loaksi pembangunan bandara atau Site visit ini. Bahkan investor dari luar negri juga ikut yaitu dari Jepang, Singapura, cina Dan Malaysia,” ujarnya Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie di Lokasi Bandara.

Tjhai Chui Mie mengungkapkan, sejak proses dari awal baik dari market sounding di BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) Jakarta pada bulan Oktober 2019 lalu. Hingga Januari calon investor yang ikut dalam market sounding dan kembali ikut di Site Visit.

“Tentu harapan kami dengan mereka datang dan melihat sendiri kota Singkawang dan lahan yang kita siapkan saat ini sudah clear and clean dengan luas sekitar 151,45 hektare yang sudah bersertifikat hak pakai,” pungkasnya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan hari ini. Akan ada kegiatan selanjutnya yaitu membentuk konsorsium dan membentuk PT yaitu PT BUBU (Badan Usaha Bandara Udara).

“Dengan adanya hal tersebut kita akan menentukan melalui tender siapa pemenangnya. Yaitu terdiri dari investor, Operator, dan kontraktor. Jika sudah terbentuk Kita targetkan paling lambat 2021 sudah mulai kontruksi. Dan pada tahun 2022 sudah selesai pembangunannya,” harapnya.(mzr)