Forkompinda Sanggau Siapkan Kekuatan Personel Hadapi Batingsor

Sanggau, BerkatnewsTV. Pemerintah Kabupaten Sanggau bersama TNI/Polri dan stake holder terkait menegaskan kesiapannya dalam menghadapi bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor (batingsor) yang sewaktu – waktu bisa terjadi di Kabupaten Sanggau.

Penegasan itu disampaikan langsung Kapolres Sanggau AKBP Raymond Marcellino Masengi, Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka dan Pasi Ops Kodim 1204/Sanggau, Kapten. Agus Mulyanah disela tatap muka Jumat (10/1).

“Kami sudah membuat zonasi mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung serta kekuatan personil sehingga penanganan bencana tertata dengan baik dan efektif,” kata Kapolres Sanggau AKBP Raymond Marcellino Masengi.

Untuk jajaran Polres sendiri, tambah Raymond, Ia akan mengerahkan dua pertiga kekuatan yang dimiliki untuk menghadapi bencana Batingsor ini.

“Total kekuatan yang kita miliki hingga di Polsek – Polsek itu sekitar dua pertiga kekuatan. Kami akan fokuskan dalam rangka tugas – tugas kemanusiaan membantu menghadapi bencana alam,” tuturnya.

Sementara itu, Pasi Ops Kodim 1204/Sanggau, Kapten. Agus Mulyanah mengatakan untuk kekuatan TNI, Kodim mensiagakan sekitar 40 personil, beserta seluruh sarana dan prasarana pendukung lainnya yang dimiliki saat ini setiap hari untuk memantau situasi.

“Kami juga selalu berkoodinasi baik dengan BPBD, Polres maupun pihak lainnya,” ujar Agus.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sanggau, Kukuh Triyatmaka menegaskan komitmennya dalam penanganan bencana.

“Pemda Sanggau sudah membuat ketetapan yang dibuat oleh pak Bupati dan sudah diedarkan kepada Desa dan Camat supaya kita semua waspada dan tanggap terhadap bencana,” ujarnya.

Kesiapsiagaan bencana ini, lanjut Kukuh, secara administrtatif menjadi dasar Pemkab Sanggau melakukan penanganan, baik itu penganggaran dan lain sebagainya.

“Kami bersama TNI dan Polri secara bersama – sama sudah membikin posko, dengan TRC melalui BPBD yang di dalamnya ada TNI dan Polri. Kekuatan kita termasuk sarana dan prasarana kita gabungkan,” tegas Kukuh. (pek)

Tulis Komentar