Panitia sedang melakukan pendataan terhadap peserta tatung yang akan meramaikan Cap Go Meh di Singkawang. Foto: Mizar

Singkawang, BerkatnewsTV. Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang telah menutup pendaftaran tatung sejak 30 Desember 2019 lalu. Tercatat ada sekitar 813 tatung yang akan meramaikan perayaan Cap Go Meh mendatang.

“Tatung yang terdaftar akan kita verifikasi dan selanjutnya akan kita tampilkan pada Festival Cap Go Meh pada 8 Februari 2020,” kata Sekretaris Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang, Bong Cin Nen, Kamis (9/1).

Menurutnya, tahun ini panitia akan menampikan sebanyak 800 tatung ditambah dengan tatung dari luar Singkawang seperti, Pontianak, Sungai Pinyuh, Bengkayang dan Pemangkat.

“Festival tatung juga akan diramaikan peserta dari luar negeri seperti Kuala Lumpur sebanyak 11 peserta,” ujarnya.

Ketua Harian Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang, Tjhai Leonardi mengatakan, puncak perayaan Imlek akan dilaksanakan pada tanggal 8 Februari 2020.

“Jadi kami mengadakan pawai tatung atau Cap Go Meh yang merupakan tradisi kami setiap tahun, untuk melakukan ritual cuci jalan atau tolak bala dan ini bisa disaksikan bersama-sama tepatnya di Jalan Diponegoro seperti tahun kemarin,” katanya.

Untuk menyaksikannya, panitia juga sudah menyiapkan tiket untuk wisatawan nasional maupun mancanegara seperti tahun-tahun sebelumnya.(mzr)