Bupati Kayong Utara Citra Duani

Kayong Utara, BerkatnewsTV. Kabupaten Kayong Utara sedang giat dan gencar melakukan pembangunan di berbagai bidang. Kabupaten ke-13 di Kalbar ini tak ingin ketinggalan dengan daerah lain.

Di tahun 2020 ini Bupati Kayong Utara Citra Duani, telah mempersiapkan sejumlah terobosan yang disebutnya ide gila untuk kemajuan kabupaten yang telah terbentuk pada 2 Januari 2007 silam itu.

“Ya kalau kita mau cepat tumbuh, sejahtera dan mandiri maka kita harus berlari bahkan melompat. Kenapa, karena Cita-cita kita harus tinggi. Jadi kalau orang mau datang ke Kayong Utara maka sarana dan prasarana harus dibangun cepat,” katanya kepada BerkatnewsTV ditemui di Kayong Utara.

Ide gila yang dimaksud Citra itu ada beberapa bidang pembangunan yakni, pembangunan bandar udara (bandara), usulan perubahan status jalan dari Siduk – Teluk Batang sepanjang 73 menjadi jalan nasional dari sebelumnya status jalan provinsi.

“Kita usulkan dalam RTRRW tahun 2020 menjadi jalan nasional sehingga pembiayaannya melalui APBN,” tuturnya.

Selain itu pembukaan akses jalan dari Sukadana – Melano – Perawas – Simpang Dua – Tayan – Pontianak.

“Dengan dibukanya jalan ini maka jarak tempuh dari Sukadana – Pontianak dapat ditempuh hanya lima jam. Kalau dari Siduk – Pontianak bisa mencapai dua belas jam,” ungkapnya.

Dan ide gila lainnya disebutkan Citra yakni peningkatan potensi pariwisata dan komoditi perikanan, ketahanan pangan maupun perkebunan.

“Kayong Utara memiliki potensi pariwisata menjanjikan seperti Pantai Datuk. Homestay akan kita bangun. Jika ini dikelola maka akan datangkan penghasilan tidak hanya bagi masyarakat tapi juga PAD,” pungkasnya.

Begitu juga dengan peningkatan komoditi perikanan, ketahanan pangan dan perkebunan, Citra berkeinginan bagaimana masyarakat dapat menjadi pengusaha di negeri sendiri dengan mengelola sumber daya yang ada.(rob)