Foto bersama saat peresmian Posyandu Lansia Permai Raya di Komplek Tanjungpura Permai Desa Sui Raya Dalam. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Satu lagi Posyandu Lansia berdiri di Desa Sui Raya Dalam bernama Posyandu Lansia Permai Raya di Komplek Tanjungpura Permai pada Sabtu (14/12).

Kepala Desa Sui Raya Dalam Khairil Anwar mengimbau agar para Lansia tetap rutin melakukan pemeriksaan kesehatannya di Posyandu Lansia.

“Manfaat Posyandu Lansia ini untuk pemeriksaan kesehatan, minimal sebulan sekali sehingga kesehatan Lansia tetap terjaga,” imbaunya.

Ia katakan meskipun Lansia namun jangan kalah dengan generasi lain dan tetap semangat untuk menjaga kesehatannya.

Kepala Puskesmas Korpri, Ismail mengatakan ada beberapa jenis penyakit yang kadang dialami Lansia yang patut diperhatikan

“Antara lain kolesterol, hipertensi, diabetes, dan lain sebagainya. Maka, para Lansia dapat melakukan pemeriksaan kesehatannya di Posyandu Lansia untuk mengetahui kesehatannya,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan para petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada Lansia dengan ramah dan senyum. Sebab hal itu juga akan dapat mengurangi penyakit yang diderita Lansia.

“Jangan pula melayani dengan muka masam atau cemberut. Lalu nanti justru akan menambah derita bagi Lansia. Jadi, layani lah orang-orang tua kita ini dengan ramah dan senyum,” imbaunya.

Wakil Ketua DPRD Kubu Raya Suharso apresiasi berdirinya Posyandu Lansia yang menurutnya bagian dari salah satu program pemerintah bidang kesehatan.

“Ketika ini menjadi bagian dari program pemerintah yang bersentuhan dengan masyarakat, kami di lembaga legislatif mendukung penuh,” ucapnya.

Sebab disebutkan Suharso, hal itu tak terlepas dari penganggaran yang juga disetujui oleh DPRD yang salah satu fungsinya penganggaran di bidang kesehatan melalui Alokasi Dana Desa.

“Ini lah salah satu bentuk sinergisitas antara pemerintah dan DPRD selaku penyelenggara pemerintahan daerah. Begitu pula sebaliknya ketika DPRD memiliki program bersentuhan dengan masyarakat akan disupport pemerintah,” pungkasnya.(rob)