Penguatan Dasa Wisma Tingkat RT

Pelantikan pengurus PKK Kabupaten Kubu Raya oleh Bupati Kubu Raya. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Hingga kini masih banyak dasa wisma di tingkat RT yang belum terbentuk. Padahal, dasa wisma merupakan salah satu lembaga perpanjangan tangan PKK.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan berharap Tim PKK Kabupaten Kubu Raya menghidupkan dasa wisma tersebut yang ada di tingkat RT.

“Melalui dasa wisma ini kita harapkan dapat ikut melakukan berbagai pendataan penduduk di lingkungannya, kesehatan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Maka setelah pengurus TP PKK Kabupaten Kubu Raya ini dilantik Muda berharap dapat mengukuhkan dan melantik TP PKK tingkat desa yang kemudian juga membentuk dasa wisma di tingkat RT.

Sementara itu Ketua TP PKK Kubu Raya Rosalina Muda Mahendrawan mengatakan langkah pertama yang dilakukan TP PKK setelah dilantik yakni menggelar LP3 PKK tingkat kecamatan hingga desa.

“Di LP3 PKK ini lah akan dijabarkan peran PKK untuk mendukung program pemerintah. Maka kita akan menggerakan dasa wisma yang ada di tingkat RT tersebut,” tuturnya.

Di dasa wisma ini lah kata Rosalina akan melakukan pendataan terhadap penduduk. Jika ini telah dilakukan oleh dasa wisma maka tidak sulit untuk mendapatkan data apapun.

“Jadi, nanti kita berharap PKK tidak hanya sekadar kumpul-kumpul akan tetapi memiliki peran untuk pembangunan. Sebab PKK itu tidak hanya kaum perempuan akan tetapi juga seluruh warga hingga sampai ke tingkat RT yang tadi disebut dasa wisma,” jelasnya.

Wakil Ketua PKK Kubu Raya Atzebi Yatulensi Sujiwo menambahkan PKK Kabupaten akan terus mengaktifkan seluruh PKK mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa hingga tingkat RT.

“Sebab pembangunan pemberdayaan masyarakat juga menjadi tanggung jawab dari PKK. Ini yang akan terus kita dorong dan gulirkan,” ujarnya.

Sebagai Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kubu Raya, Atzebi Yatulensi Sujiwo juga memastikan akan terus bersinergis dengan PKK dan Dharma Wanita.

“Sebab tiga organisasi ini merupakan tiga pilar yang saling keterkaitan untuk mendukung program-program pemerintah daerah,” pungkanya.(rob)

Tulis Komentar