Di Kalbar 24 Ribu Kendaraan Ditilang, Laka Lantas Naik 114 Persen

Operasi zebra yang berlangsung di kaupaten/ kota di Kalbar telah menjaring lebih dari 24 ribu kendaraan lantaran melaukan pelanggaran. Foto: dok BerkatnewsTV

Pontianak, BerkatnewsTV. Selama 14 hari operasi zebra oleh Polda Kalbar, tercatat puluhan ribu kendaraan yang ditilang baik motor maupun mobil.

Tak hanya itu, angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) juga meningkat tajam yakni mencapai 114 persen.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalbar Kombes Pol Asep Akbar menyebutkan setidaknya ada 24.058 pengendara yang ditilang dan 2.985 teguran.

“Untuk total pelanggar ini masih didominasi oleh sepeda motor yaitu dengan total 18.418. Dari data juga para pengendara sepeda motor ini dengan berbagai macam pelanggaran dimulai dari tidak menggunakan helm SNI sebanyak 4.955, tidak melengkapi surat surat kendaraan dan SIM sebanyak 5.582 hingga tilang terhadap pengendara dibawah umur sebanyak 1.634,” bebernya Rabu (6/11).

Untuk pelanggaran pengendara mobil didominasi tidak menggunakannya safety belt, ini menandakan masih kurangnya kesadaran para pengemudi.

“Jumlahnya mencapai 4.308 pelanggaran. Ini berarti para pengemudi masih belum sadar akan pentingnnya safety belt untuk keselamatan” tegasnya.

Tidak hanya pelanggaran, juga terjadi peningkatan kecelakan lalu lintas selama Operasi Zebra Kapuas 2019 di banding 2018.

“Kenaikannya hingga 114 persen. Ada 15 kejadian selama operasi. Naik cukup signifikan dari tahun 2018 yaitu dengan 7 kejadian. Dari 15 laka lantas ini, 11 orang meninggal dunia,” bebernya

Pihaknya sambung Asep tidak henti – hentinya mengimbau masyarakat agar tertib berlalu lintas dan dalam berkendara melengkapi kendaraan dengan yang standar nasional serta administrasi.(rls)

Tulis Komentar