Wakil Bupati Mempawah H Muhammad Pagi membuka pembinaan ormas yang ada di Kabupaten Mempawah. Foto: Fisa

Mempawah, BerkatnewsTV. Wakil Bupati Mempawah H Muhammad Pagi mengajak seluruh ormas di Kabupaten Mempawah berperan serta dalam setiap proses pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikannya karena menilai keberadaan ormas bisa memberikan sumbangsih bagi kebaikan dan kemajuan daerah.

“Mari kita bersama-sama mengawal pembangunan guna mencapai tujuan yang diharapkan yakni, kemajuan daerah kita dalam segala bidang,” ujarnya saat membuka pembinaan kepada ormas, Rabu (30/10).

Muhammad Pagi mengatakan, ormas harus mampu menjadi mitra kerja pemerintah dalam membangun kabupaten mempawah. Ia mempersilahkan ormas memberikan kontrol dan masukan kepada pemerintah.

“Jadi ormas bukan hanya membangun organisasinya masing-masing, tapi juga dituntut agar mampu bersama pemerintah membangun daerah,” ungkap dia.

Perihal pengawasan dan pembinaan terhadap ormas, dijelaskan Pagi, bukanlah untuk membatasi gerak ormas itu sendiri, tapi lebih kepada penguatan dan penyehatan bagi ormas. Bentuk pengawasan dan pembinaan itu berupa pertemuan rutin serta monitoring terhadap keberadaan ormas.

“Pengawasan dan pembinaan yang kami lakukan ini mempunyai arti penting karena ormas adalah bagian dari lembaga nonpemerintahan. Sebagai mitra bagi pemerintah, ormas turut serta mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, demi terwujudnya tujuan pembangunan nasional,” jelasnya.

Ormas, lanjut Pagi, dituntut untuk terus melakukan peningkatan kualitas lembaga, baik dari sisi tertib administrasi, tertib anggota maupun dalam peningkatan SDM yang ada, serta peningkatan kualitas program kegiatan sebagaimana yang tertuang dalam AD/ART masing-masing ormas.

“Terlepas dari itu, saya berharap agar ormas menjadi penggerak dalam menumbuhkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat guna mewujudkan tujuan pembangunan di Kabupaten Mempawah,” ucapnya.

Kepada ormas-ormas di Kabupaten Mempawah, Pagi menyampaikan 4 poin masukan. Pertama ormas dapat memberikan informasi yang akurat kepada pemerintah terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, sehingga pemerintah membuat suatu kebijakan tidak salah arah.

Kedua, ormas diminta agar mendukung berbagai proses dan tahapan pembangunan di Kabupaten Mempawah demi mewujudkan masyarakat madani yang senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, kerukunan dan kedamaian antar masyarakat, serta tidak membeda-bedakan etnis, suku dan ras.

Ketiga, ormas hendaknya menjalin kemitraan dengan pemerlntah, pihak swasta/BUMN, sehingga terjadinya kolaborasi antara kedua belah pihak, baik pemerintah dengan organisasi kemasyarakatan dengan prinsip-prinsip keadilan, transparansi, partisipasi dan akuntabilitas.

Keempat, membangun sikap saling percaya dan saling menghargai dengan prinsip-prinsip yang disebutkan di atas.

Pagi menilai kegiatan ini memiliki arti penting untuk menjadikan ormas yang ada di Kabupaten Mempawah lebih maju kedepannya, serta bisa menjadi referensi bagi ormas untuk bersama-sama membangun kemajuan daerah kedepannya.

Pembinaan yang dilakukan juga untuk meningkatkan kapasitas anggota ormas dengan mempererat kerjasama antar organisasi.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap dapat tercipta hubungan signifikan antara ormas dengan pemerintah, terutama dalam membangun struktur sosial, budaya dan hubungan antar masyarakat dan wilayah,” pungkasnya.(fsa)