80 WNI Kembali Dipulangkan Melalui PLBN Entikong

80 orang warga negara Indonesia (WNI) dipulangkan oleh Pemerintah Malaysia melalui Pintu Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong, Kabupaten Sanggau. Foto: Abang Indra

Sanggau, BerkatnewsTV. Bermasalah pada dokumen lintas negara, 80 orang warga negara Indonesia (WNI) dipulangkan oleh Pemerintah Malaysia melalui Pintu Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong, Kabupaten Sanggau, Rabu (10/7).

Koordinator P4TKI Entikong, Viktor Fernando dihubungi BerkatnewsTV melalui telepon seluler menyampaikan masalah mereka di dokumen baik perjalanan maupun izin kerja. Jumlahnya secara total ada 80 orang yang terdiri dari 50 orang diantaranya 8 pria dan 22 wanita.

Viktor menambahkan, sedikitnya 38 orang dari berbagai daerah di Kalimantan Barat. Kemudian 21 orang dari Sulsel, 9 orang dari Jawa Timur, 3 orang dari Jawa Barat dan masing-masing 2 orang dari Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Banten. Selebihnya, masing-masing satu orang berasal dari Sulbar, Kalimantan Timur dan Kepulauan Riau.

“Lebih banyaknya memang dari Kalbar. Selebihnya dari berbagai pulau di Indonesia. Mereka dipulangkan ke daerah asal namun dilakukan pendataan lebih dulu dan diberikan pembinaan agar tidak kembali ke Jiran dengan cara yang ilegal,” ujarnya.

Berdasarkan data, pada Bulan Juli 2019 sudah ada sekira 164 orang WNI bermasalah yang dipulangkan dari Depot Imigresen Semuja dan Hekenu, termasuk juga dari Shelter Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang ada di Kuching.

“Saya mengajak kepada warga agar tidak tergiur dengan keuntungan besar di negara tetangga sehingga lupa dengan aturan dan cara-cara yang dilegalkan. Saran saya, bila mereka mau bekerja di luar negeri silahkan melalui jalur resmi agar hak-hak mereka dapat dilindungi,” pesannya. (dra)

Tulis Komentar