Pontianak, BerkatnewsTV. Isu Daerah Otonomi Baru (DOB) menjadi salah satu program unggulan pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Kalbar nomor urut 1 Milton Crosby – Boyman Harun saat debat publik yang digelar pada Kamis (21/6) di Pontianak.

“Kita akan menata kembali wilayah pemerintahan dengan mempercepat dan mendorong terbentuknya daerah otonomi baru seperti Provinsi Kapuas Raya dan beberapa kabupaten,” kata Milton.

Menurutnya, hal itu untuk mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi di sejumlah wilayah di Kalbar. Karena itu, ia akan berjuang menata kembali ekonomi masyarakat Kalbar khususnya ekonomi rakyat, ekonomi kreatif, dan ekonomi investasi.

Penegakan supremasi hukum di berbagai aspek juga menjadi perhatian Milton – Boyman. Seperti pemberantasan KKN, narkoba, dan perdagangan manusia. Termasuk pembinaan politik.

“Kami akan meningkatkan kesadaran terhadap aturan hukum dan kesadaran politik di masyarakat. Dan itu tentu harus dimulai dari aparatur negara di semua institusi. Kita harus mencerminkan sikap taat hukum di lingkungan kita lebih dahulu, bukan hanya untuk kepentingan kita sendiri,” tegasnya.

Berkaitan dengan sektor pendidikan, Milton – Boyman akan berusaha untuk mengembalikan kewenangan pendidikan SMA ke Bupati. Bupati mengelola pendidikan SMA sudah lebih baik namun kalau diurus oleh Pemerintah provinsi dengan cakupan wilayah yang lebih luasnya setara dengan Jawa dan Bali akan terasa sulit.

“Kita juga akan upayakan membangun infrastruktur berupa tower untuk menjangkau layanan internet di setiap desa, sebab jenjang pendidikan SMA sangat memerlukan layanan internet,” pungkasnya.(riz/rob)