Sintang, BerkatnewsTV. Hari pertama masuk kerja pascalibur Idul Fitri, Bupati Sintang, Jarot Winarno, dan Inpektur Kabupaten Sintang, Apolonaris Biong melakukan sidak ke beberapa kantor OPD, Kamis (21/06).

Hasilnya, ternyata masih ada 10 persen pegawai yang masih bolos kerja.

“pegawai yang 10 persen tidak masuk ini karena beberapa hal. ada yang tugas luar kota, yang memang sudah terjadwal demikian. Ada karena unsur sengaja, yaitu mengambil cuti pada hari kejepit atau bolos,” kata Jarot Winarno

Jarot pastikan akan.memberikan sanksi kepada yang sengaja masih bolos masuk kerja.

“Saat ini kan tahap penguatan prime mover kita, saya ingin memastikan, dengan memberikan arahan di kantor-kantor sekalian saya melakukan sidak karna itu tahun ini saya sidaknya ke OPD yang bukan layanan publik,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Inspektorat Sintang, Apolonaris Bion melakukan sidak ke RSUD A.M. Djoen Sintang, Dinas Dikbud, Kantor Camat Sintang, dan Dinas Dukcapil.

“kita melihat tingkat kepatuhan PNS itu tidak ada masalah. Pelayanan berjalan dengan baik dan tidak ada yang berubah,” tambahnya.

Di RSUD disebutkan ada peningkatan jumlah layanan pada rujukan pada akibat laka lantas.

“Di Disdukcapil mereka sangat sibuk meng-handle data-data baru yang kebetulan masuk usia 18 tahun yang harus direkam karena menjelang pemilihan kepala daerah (gubernur),” terang Biong lagi.

Kepala BKPSDM, Palentinus menyampaikan hasil sidak akan disampaikan Kemen PAN-RB.

“Pegawai yang masih bolos kita serahkan kepada pimpinan OPD nya untuk diberikan sanksi. kecuali yang agak berat nanti tim Baperjakat memberikan sanksi, tapi kalau tingkat kehadirannya masih dapat diberikan toleransi nanti diberikan teguran secara lisan maupun tertulis,” jelasnya (sus)