Pontianak, BerkatnewsTV. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang akan diprioritaskan pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Kalbar nomor urut 3, Sutarmidji – Ria Norsan. Bahkan, keduanya menjamin menggratiskan biaya pendidikan mulai dari tingkat SD, SLTP hingga SMA.

“Saya pastikan kalau saya jadi Gubernur Kalbar bersama Pak Norsan kami akan menggratiskan biaya pendidikan hingga SMA. Silakan masyarakat catat omongan saya ini,” kata Sutarmidji saat debat publik yang digelar pada Kamis (21/6) sore di Pontianak.

Tentunya untuk mewujudkan itu, salah satu upaya yang dilakukan pasangan ini adalah mengatur komposisi alokasi anggaran belanja langsung dan tidak langsung dalam APBD yang proposional dan berkeadilan.

“Kalau kami jadi gubernur dan wakil gubernur kalbar, maka APBD itu akan kita susun 60 persen belanja langsung dan lebih dari 30 persen untuk belanja modal,” tegasnya.

Berkaitan dengan aspek hukum, Sutarmidji mengatakan bahwa harus membiasakan masyarakat taat hukum. Hal itu dapat dimulai dari yang terbawah yakni penegakan Perda dan telah dilakukannya saat menjadi Walikota Pontianak.

“Tiga tahun yang lalu, saya pernah menilang 1.424 orang karena membuang sampah sembarangan. Itu kita lakukan untuk membiasakan masyarakat kita sadar hukum dan taat hukum sekaligus untuk menjaga lingkungannya,” pungkasnya.(riz/rob)