Description

6 Cara Mengatasi Kebiasaan Makan Berlebihan

Cara Mengatasi Kebiasaan Makan Berlebihan
Cara Mengatasi Kebiasaan Makan Berlebihan. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Terkadang setiap orang selalu mencari tips – tips bagaimana cara mengatasi kebiasaan makan yang berlebihan.

Sebab makan berlebihan atau overeating merupakan kebiasaan makan dengan porsi yang lebih banyak dari kebutuhan tubuh. Kebiasaan ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Jika Anda sedang berjuang melawan kebiasaan makan berlebihan, berikut beberapa tips yang dapat membantu.

1.Kenali Pemicunya

Langkah pertama untuk mengatasi makan berlebihan adalah dengan mengetahui apa yang memicunya. Apakah Anda makan berlebihan saat stres, bosan, atau cemas? Memahami pemicu kebiasaan makan berlebihan dapat membantu Anda mengembangkan strategi untuk menghindarinya.

2.Makan dengan Perhatian Penuh

Saat makan, luangkan waktu untuk menikmati makanan Anda dan perhatikan rasa, tekstur, dan aromanya.
Hindari gangguan seperti menonton TV atau bekerja saat makan. Makan dengan perhatian penuh dapat membantu Anda makan lebih lambat dan merasa lebih kenyang dengan porsi yang lebih kecil.

3.Makan Teratur

Hindari melewatkan waktu makan, karena hal ini dapat membuat Anda merasa sangat lapar dan lebih mudah makan berlebihan di kemudian hari. Makanlah 3 kali sehari dengan camilan sehat di antara waktu makan untuk menjaga kadar gula darah dan energi Anda tetap stabil.

4.Pilih Makanan Sehat

Isi piring Anda dengan makanan kaya serat, protein, dan lemak sehat. Makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Batasi konsumsi makanan olahan, makanan manis, dan minuman bersoda.

5.Kelola Stres

Stres dapat memicu makan berlebihan pada banyak orang. Temukan cara sehat untuk mengelola stres, seperti olahraga, yoga, atau meditasi.

6.Cari Dukungan

Bergabunglah dengan kelompok pendukung atau berbicara dengan terapis dapat membantu Anda mengatasi kebiasaan makan berlebihan. Mendapatkan dukungan dari orang lain yang memahami perjuangan Anda dapat sangat membantu.

Jika Anda merasa tidak dapat mengatasi kebiasaan makan yang berlebihan sendiri, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi. Mereka dapat membantu Anda mengembangkan rencana yang tepat untuk mencapai tujuan Anda. Semoga bermanfaat.(*)