Description

Lima Kecamatan Prioritas Penanganan Karhutla di Sanggau

Apel siaga karhutla di Sanggau waktu lalu. Lima kecamatan menjadi prioritas penanganan karhutla dampak dari musim kemarau panjang di bulan Juli ini berdasarkan analisa BMKG
Apel siaga karhutla di Sanggau waktu lalu. Lima kecamatan menjadi prioritas penanganan karhutla dampak dari musim kemarau panjang di bulan Juli ini berdasarkan analisa BMKG. Foto: pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sanggau telah memetakan lima kecamatan menjadi prioritas penanganan karhutla di Sanggau.

Kecamatan itu yakni Kecamatan Kapuas, Kecamatan Meliau, Kecamatan Toba, Kecamatan Tayan Hilir dan Kecamatan jangkang.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Sanggau Budi Darmawan mengatakan dalam melakukan pemantauan wilayah rawan bencana karhutla di anggau ada sembilan kecamatan yang tetap dipantau dari lima yang prioritas, diantaranya, Kecamatan Bonti, Sekayam, Noyan dan Kecamatan Tayan Hulu.

Baca Juga:

Untuk memastikan kesiapannya, Budi Darmawan mengakui juga akan melakukan pemeriksaan kesiapsiagaan perusahaan perkebunan yang beroperasi di Bumi Dara Nante Pemeriksaan itu melibatkan multisektor mulai dari Dinas Damkar, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, serta pemangku kepentingan lainnya.

“Kami akan melakukan pemeriksaan terhadap perusahaan perkebunan yang ada di wilayah Sanggau. Semua dicek mulai dari peralatan hingga personel,” ungkapnya.

BPBD Sanggau juga akan mendirikan posko bersama TNI, Polri, BPBD, TRC dan Manggala Agni, di titik rawan karhutla yang ada di Sanggau. Hal itu dilakukan untuk memastikan tim dapat lebih sigap turun melakukan pemadaman jika terjadi kebakaran.

“Setelah musim kemarau tiba kita sudah siapsiaga untuk mendirikan posko di titikntitik rawan karhutla. Dan kami juga akan meminta kepada perusahaan perkebunan tetap dijaga dan waspada bencana karhutla,” pungkasnya.(pek)