Description

Terpilih Menjadi Ketua Dekopinwil Kalbar, Hamzah Tawil Siapkan Program Inovatif

DR Hamzah Tawil, M.Si akhirnya terpilih sebagai Ketua Dekopinwil Kalbar periode 2024 - 2029 di ajang Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub) Dekopinwil Kalbar yang dihelat di Graha Dekopinwil Kalbar, Sabtu (29/6). Foto: ist/tmB
DR Hamzah Tawil, M.Si akhirnya terpilih sebagai Ketua Dekopinwil Kalbar periode 2024 - 2029 di ajang Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub) Dekopinwil Kalbar yang dihelat di Graha Dekopinwil Kalbar, Sabtu (29/6). Foto: ist/tmB

Pontianak, BerkatnewsTV. DR Hamzah Tawil, M.Si akhirnya terpilih sebagai Ketua Dekopinwil Kalbar periode 2024 – 2029 di ajang Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub) Dekopinwil Kalbar yang dihelat di Graha Dekopinwil Kalbar, Sabtu (29/6).

Hamzah Tawil berhasil meraih 14 suara mengalahkan dua calon lainnya yakni Wiwik Anggraeni yang meraih 9 suara dan Eka Pria Saputra meraih 1 suara.

Dalam visinya, Hamzah Tawil akan menjadikan Dekopinwil mitra pemerintah dalam pemberdayaan koperasi sebagai pilar ekonomi Kalbar melalui digitalisasi untuk efisiensi, transparansi, dan daya saing menuju Indonesia Emas 2045.

Selain itu Hamzah yang sebelumnya menjabat Ketua Dekopinwil Kubu Raya, juga telah memiliki 7 misi yang akan mendukung visinya yakni :

1.⁠Mengembangkan kapasitas dan kapabilitas Dekopinwil Kalbar
2.⁠Menyalurkan aspirasi ekonomi, sosial, dan budaya
3.⁠Membangun kerjasama strategis
4.⁠Mendorong aktivitas ekonomi anggota koperasi
5.⁠Peningkatan kompetensi dan profesionalisme
6.⁠Promosi dan edukasi tentang koperasi
7.⁠Penerapan teknologi dan inovasi

Baca Juga:

Untuk mewujudkan visi misinya, Hamzah Tawil telah menyiapkan 8 program unggulan yang inovatif selama menjabat Ketua Dekopinwil Kalbar lima tahun kedepan, antara lain:

1.Digitalisasi Sistem Manajemen (2024-2025):

Menerapkan sistem manajemen digital di seluruh koperasi anggota untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi.

2.Pelatihan Dasar Digital (2024-2025):

Melibatkan 80% pengurus dan anggota koperasi dalam pelatihan dasar penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan kompetensi digital mereka.

3.Pengembangan Infrastruktur Digital (2025-2026):

Memastikan infrastruktur teknologi informasi yang memadai di 70% koperasi untuk mendukung operasional yang lebih efisien.

4.Sistem Pembayaran Digital (2025-2026):

Menerapkan sistem pembayaran digital di 60% koperasi untuk memudahkan transaksi dan meningkatkan akuntabilitas keuangan.

5.Peluncuran Platform E-commerce (2026-2027):

Melibatkan 50% koperasi dalam penggunaan platform e-commerce untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan produk koperasi.

6.Program Pemberdayaan Ekonomi (2026-2027):

Melaksanakan lima program pemberdayaan ekonomi yang mendukung usaha anggota koperasi, dengan fokus pada inovasi dan produktivitas.

7.Penerapan Layanan Digital Terpadu (2027-2028):

Menerapkan layanan digital terpadu di 80% koperasi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing.

8.Evaluasi dan Penyusunan Rencana Strategis Baru (2028-2029):

Melakukan evaluasi penggunaan teknologi digital dan menyusun rencana strategis baru yang disetujui untuk keberlanjutan program pengembangan koperasi.

“Tentu untuk mewujudkan itu semua, saya tidak bisa bekerja sendiri namun butuh bantuan dari teman-teman pengurus yang ada di tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota,” harap Hamzah yang juga Wakil Rektor UNU Kalbar.

Hamzah juga akan membangun kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka penguatan koperasi – koperasi yang ada di Kalbar.

Muswilub Dekopinwil Kalbar dihadiri Wakil Ketua Harian DPP Dekopinwil, Dr. Agung Sujatmoko, MM dan Wakil Ketua Umum bidang Advokasi, Raliansen Saragih, SH, MM. Serta pengurus Dekopinda se-Kalbar maupun koperasi anggota Dekopinwil Kalbar.(tmB)