Description

Kurban Kambing Bisa Untuk Berapa Orang

Kurban Kambing Bisa Untuk Berapa Orang
Kurban Kambing Bisa Untuk Berapa Orang. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Beberapa pertanyaan sering kali diutarakan sebenarnya kurban kambing saat Idul Adha bisa berapa orang. Lazimnya, biasanya hanya untuk satu orang saja. Namun untuk jelasnya, kita simak artikel dibawah ini.

Dikutip dari situs Bimas Islam Kemenag RI, ketentuan seekor kambing atau domba disepakati ulama bahwa hanya bisa dijadikan kurban untuk satu orang saja, dan tidak boleh lebih. Karena jika kambing diperuntukkan bagi lebih dari satu orang maka hukum kurbannya tidak sah.

Dengan demikian, satu ekor kambing itu cukup untuk dirinya dan keluarganya. Artinya satu ekor kambing hanya sah untuk satu orang dan tidak sah lebih dari satu orang

Namun, beberapa ulama menetapkan tiga syarat yang memperbolehkan kurban untuk keluarga yakni tinggal bersama, memiliki hubungan kekerabatan, dan memiliki satu keluarga serta pemberi nafkah yang sama.

Jika ketiga syarat tersebut terpenuhi, maka kurban dianggap sah dan masing-masing anggota keluarga tetap memperoleh pahala kurban seekor kambing. Ini adalah pendapat Madzhab Maliki. Sebagaimana yang ditegaskan dalam At-Taj wa Iklil –salah satu kitab Madzhab Maliki-(4:364).

Oleh karena itu, meskipun jumlah keluarganya banyak, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, Pahalanya pun dapat mencakup seluruh anggota keluarga. Sebagaimana ditunjukkan dalam hadits dari Abu Ayyub radhiyallahu’anhu yang mengatakan,

Pada masa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam seseorang (suami) menyembelih seekor kambing sebagai kurban bagi dirinya dan keluarganya. (HR. Tirmidzi, ia menilainya shahih, Minhaajul Muslim, Hal. 26 dan 266).

Demikian pemahaman tentang kurban kambing bisa untuk berapa orang yang sering dipertanyakan. Semoga di hari raya Idul Adha 1445 Hijriah ini, kurban anda bermanfaat untuk setiap orang yang berhak.(*)