Evaluasi Kinerja Bisnis Dengan Metode ROE (Return on Equity)

Evaluasi Kinerja Bisnis Dengan Metode ROE (Return on Equity)
Evaluasi Kinerja Bisnis Dengan Metode ROE (Return on Equity). Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Salah satu cara untuk evaluasi kinerja bisnis yang anda jalankan bisa dengan Metode ROE (Return on Equity).

Return on Equity (ROE) adalah salah satu indikator kinerja keuangan perusahaan yang penting. Ini adalah rasio profitabilitas yang digunakan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan profit atau keuntungan. Dalam konteks ROE, kinerja diukur melalui ekuitas perusahaan.

Description

Pengertian Return on Equity (ROE)

ROE adalah suatu ukuran untuk melihat seberapa hebat perusahaan dalam memanfaatkan total ekuitas untuk mendapatkan sejumlah laba. Menurut Sherman (2015), ROE adalah salah satu rasio profitabilitas yang membandingkan nilai pendapatan bersih dengan ekuitas pemegang saham. Dengan kata lain, ROE merupakan metrik untuk profitabilitas modal yang diberikan pemegang saham.

Fungsi Return on Equity (ROE)

Secara umum, ada beberapa fungsi ROE, yaitu:

  1. Return on Equity (ROE) berfungsi sebagai instrumen analisis untuk menilai efisiensi penggunaan ekuitas perusahaan untuk kebutuhan produksi dan/atau penjualan.
  2. Return on Equity (ROE) berfungsi sebagai bahan pertimbangan investor dalam melihat kemampuan perusahaan dalam mengonversi modal menjadi profit.
  3. Return on Equity (ROE) berfungsi sebagai indikator kesuksesan manajemen perusahaan dalam mencapai target penjualan dan meraih laba bersih.

Cara Menghitung ROE

Rumus dasar untuk menghitung ROE adalah sebagai berikut:

ROE = Laba bersih √∑ Ekuitas Pemegang Saham

Dengan kata lain, ROE mengukur berapa banyak laba bersih yang dihasilkan perusahaan untuk setiap rupiah ekuitas yang diinvestasikan oleh pemegang saham.

Evaluasi kinerja bisnis dengan metode ROE akan menentukan pemilik bisnis dan investor membuat keputusan yang lebih baik tentang di mana mereka harus menempatkan sumber daya mereka.

Penting untuk diingat bahwa ROE hanyalah salah satu dari banyak metrik yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja bisnis, dan sebaiknya digunakan dalam kombinasi dengan metrik lainnya untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan akurat tentang kesehatan dan prospek suatu perusahaan.(*)

Description