Description

Ini Jumlah Daya Tampung PPDB SD dan SMP di Pontianak

Pj Wali kota Pontianak Ani Sofyan memastikan daya tampung untuk PPDB SD dan SMP di Pontianak tidak akan terjadi kekurangan.
Pj Wali kota Pontianak Ani Sofyan memastikan daya tampung untuk PPDB SD dan SMP di Pontianak tidak akan terjadi kekurangan.

Pontianak, BerkatnewsTV. Pj Wali kota Pontianak Ani Sofyan memastikan daya tampung untuk PPDB SD dan SMP di Pontianak tidak akan terjadi kekurangan.

Jumlahnya diperkirakan lebih dari 20 ribu yang tersebar di sejumlah sekolah SD dan SMP baik negeri maupun swasta.

“Daya tampung untuk peserta didik baru bagi warga Kota Pontianak sudah sangat cukup bahkan cenderung banyak,” kata Sofyan.

Ia sebutkan hal itu dinilai berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Education Management Information System Kementerian Agama (Kemenag) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak.

“Daya tampung kelas 1 SD sederajat sejumlah 13.303 orang sedangkan calon peserta didik baru kelas 1 SD sederajat berjumlah 11.644 orang,” ungkapnya usai Penandatanganan Komitmen PPDB Objektif, Transparan dan Akuntabel bersama Forkopimda Kota Pontianak, Rabu (29/5).

Baca Juga:

Termasuk daya tampung kelas 7 SMP sederajat sambung Sofyan sebanyak 13.728 sedangkan calon peserta didik baru kelas 7 SMP sederajat berjumlah 11.977 orang.

Dan Sofyan menyatakan PPDB SD dan SMP di Pontianak lebih diprioritaskan kepada siswa dari beberapa golongan.
 
“PPDB pada SD dan SMP diprioritaskan bagi warga yang berasal dari keluarga tidak mampu, penyandang disabilitas, warga yang berada di sekitar sekolah, calon peserta didik yang memiliki prestasi baik akademik dan non-akademik,” ujarnya.

Ia pun berkomitmen untuk melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ini dengan objektif, transparan dan akuntabel. Hal itu ditunjukkan dengan penandatanganan komitmen beserta seluruh instansi terkait.(egi)