Description

Point Penting Ini Harus Diingat 2.593 Calon Jemaah Haji Kalbar

Tahun 2024 ini, sebanyak 2.593 Calon Jemaah Haji Kalbar akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah. Pelepasan kloter pertama dilakukan oleh Pj Gubernur Kalbar, Minggu (26/5). Foto: tmB
Tahun 2024 ini, sebanyak 2.593 Calon Jemaah Haji Kalbar akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah. Pelepasan kloter pertama dilakukan oleh Pj Gubernur Kalbar, Minggu (26/5). Foto: tmB

Pontianak, BerkatnewsTV. Tahun 2024 ini, sebanyak 2.593 Calon Jemaah Haji Kalbar akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah.

Pj Gubernur Kalbar Harisson mengingatkan point penting kepada Calon Jemaah Haji (CJH) Kalbar selama di tanah suci.

“Saya harapkan para Calon Jemaah Haji(CJH) untuk benar-benar menjaga stamina selama di tanah Suci. Terutama saya tekankan pada saat 16 hari menjelang wukuf di Padang Arafah karena proses paling penting selama berhaji itu di Arafah jadi saya minta jaga betul kondisi kesehatan dan kurangi aktivitas-aktivitas yang tidak begitu penting,” ia mengingatkan saat pelepasan CJH Kalbar di pendopo Gubernur Kalbar, Minggu (26/5).

Selain itu Harrison juga mengingatkan kondisi cuaca di Mekah mencapai 42 sampai 48 derajat celcius. Oleh karenanya harus dapat menjaga kondisi tubuh.

Baca Juga:

“Harus dapat mengatur waktu di tengah cuaca panas selama di Mekah, kurangi kegiatan – kegiatan yang kurang mengena, apalagi lebih banyak berbelanja ke mal. Lebih baik saya sarankan untuk perbanyak beribadah di masjid, kan ada AC jadi bisa terjaga kondisinya,” sarannya.

Harisson juga berpesan para jemaah menjaga nama baik dan junjung tinggi martabat bangsa dan daerah. Bersikap santun, tertib, berlapang dada, ikhlas, tidak mudah tersinggung, serta menghindarkan sifat-sifat emosional.

“Hormatilah dan taatilah undang-undang dan peraturan-peraturan negara Arab Saudi, dan jadilah sebagai tamu Allah yang baik. Berdoa lah saat berada di tempat-tempat yang makbul untuk berdoa, demi keselamatan dan kebahagiaan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Harisson juga menekankan kepada para petugas haji sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji ini agar maksimal memberikan berbagai pelayanan.

“Saya tekankan khusus kepada petugas haji untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baik mungkin agar para jamaah bisa beribadah dengan tenang,” pungkasnya.(tmB)