Description

Mundur dari Jalur Perseorangan, Muda-Tanjung Dilirik Partai Politik

Pasangan Muda Mahendrawan - Suyanto Tanjung yang maju di Pilgub Kalbar 2024 tidak lagi menggunakan jalur perseorangan namun dengan partai politik
Pasangan Muda Mahendrawan - Suyanto Tanjung yang maju di Pilgub Kalbar 2024 tidak lagi menggunakan jalur perseorangan namun dengan partai politik

Pontianak, BerkatnewsTV. Kabar mengejutkan datang dari pasangan Muda Mahendrawan – Suyanto Tanjung yang maju di Pilgub Kalbar 2024.

Pasalnya, baru dua hari mengantarkan berkas dukungan ke KPU Kalbar pada Minggu (12/5), namun tiba-tiba langsung menarik kembali berkas pada Selasa (16/5).

Padahal, KPU Kalbar menyebutkan dukungan yang disampaikan Muda – Tanjung sebanyak 387.119 terdiri dari 352.280 dukungan yang diunggah melalui Silonkada dan 34.839 dukungan melalui dokumen fisik tersebar di seluruh Kalbar.

Artinya, jumlah tersebut telah melebihi dari yang dipersyaratkan minimal yakni 336.478 tersebar di 8 kabupaten/ kota se-Kalbar.

Penarikan berkas dukungan ini menegaskan bahwa Muda – Tanjung tidak menggunakan jalur perseorangan di Pilgub Kalbar 2024. Keputusan ini bukan lah tanpa sebab.

Menurut Muda, keputusan itu dilakukan lantaran dirinya akan menggunakan jalur partai politik yang telah meliriknya.

“Kita tarik, bukan berarti kita tidak maju tapi kita sudah mendaftar ke partai-partai. Jadi kita menghargai itu karena sudah ada sinyal-sinyal positif dari partai,” kata Muda ditemui berkatnewstv.com, Jumat (17/5).

Baca Juga:

Sejumlah partai politik yang telah didaftar oleh Muda, antara lain Partai Hanura, Partai Golkar, PDIP, PAN, Partai Demokrat dan beberapa lainnya.

“Komunikasi politik sudah intens terhadap semua partai tersebut. Ini kan masih dalam proses. Apalagi, nanti akan ada survei. Situasi politik kan dinamis. Semuanya tetap berbasis saint dan survei,” tuturnya.

Muda bersyukur survei internal menunjukan angka yang cukup tinggi, sehingga ia optimis untuk terus maju bertarung di Pilgub Kalbar 2024.

“Alhamdullilah, survei internal kita cukup bagus lah. Dan respon masyarakat cukup tinggi. Saya tidak mengklaim. Ini bukan karena memaksa. Jika survei rendah ngapain maju. Rakyat itu tidak harus dipaksa, ini lah Kalbar bahagia,” ucapnya.

Sementara itu Ketua DPD Partai Hanura Kalbar Suyanto Tanjung sebelumnya menyatakan bahwa jalur perseorangan ini hanya untuk informasi awal bahwa ia dan Muda Mahendrawan maju di Pilgub Kalbar.

“Semuanya kan dalam berproses. Beliau (Muda) hanya mengikuti mekanisme dan tahapan dari KPU saja,” ujarnya.(rob)