Lirik DAK, Status RSUD Kubu Raya Ditingkatkan Menjadi Tipe C

Pj Bupati Kubu Raya Kamaruzaman meninjau RSUD Kubu Raya pada Jumat (22/3). Ia berencana mendorong peningkatan status RSUD Kubu Raya menjadi tipe C dari saat ini tipe D Pratama
Pj Bupati Kubu Raya Kamaruzaman meninjau RSUD Kubu Raya pada Jumat (22/3). Ia berencana mendorong peningkatan status RSUD Kubu Raya menjadi tipe C dari saat ini tipe D Pratama. Foto: tmB

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Pemkab Kubu Raya akan meningkatkan status RSUD Kubu Raya menjadi tipe C dari saat ini tipe D Pratama. Dengan naik status, yang menjadi target adalah digelontorkannya Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengembangan sarana dan prasarana rumah sakit.

Pj Bupati Kubu Raya Sy Kamaruzaman menilai dengan adanya DAK, maka seluruh fasilitas dan sarana prasarana bisa ditunjang tidak hanya dari dana APBD kabupaten tapi juga dari APBN.

“Sehingga kita berharap kalau adanya perubahan tipe ini akan mampu memberikan pelayanan yang prima. Karena itulah kami melakukan inspeksi ini untuk melihat kira-kira apa saja yang memang perlu adanya perbaikan,” ujarnya.

Baca Juga:

Setelah inspeksi kondisi rumah sakit pada Jumat (22/3), Kamaruzaman melihat sejumlah sarana dan prasarana yang patut ditingkatkan agar status RSUD Kubu Raya menjadi tipe C.

Antara lain kualitas kebersihan. Sebab menurut Kamaruzaman semakin hari kualitas kebersihan rumah sakit kian menurun. Padahal, kebersihan rumah sakit adalah salah satu aspek terpenting dari kesehatan yang sangat berpengaruh dalam proses penyembuhan pasien.

Kamaruzaman menekankan agar kualitas kebersihan ini harus menjadi perhatian. Sehingga orang datang itu mendapatkan sugesti yang baik. Begitu mendapati rumah sakitnya bersih, separuh dia sudah sehat. Tinggal beberapa treatment saja, mungkin dengan pengobatan agar bisa pulih dengan baik.

“Ini harus menjadi perhatian kita karena kalau dilihat dari sejak diresmikan sampai sekarang, RSUD ini bukan meningkat tapi justru menurun dari aspek kebersihannya. Nah, kita berharap ini menjadi perhatian manajemen rumah sakit. Karena saya lihat juga tadi ada sampah-sampah dibakar di depan rumah sakit ini,” ujarnya.(tmB)