Description

Mengganti Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Mengganti puasa bagi ibu hamil dan menyusui
Mengganti puasa bagi ibu hamil dan menyusui. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Cara Mengganti Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui. Agama Islam memberikan keringanan bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadan. Namun, mereka diharuskan untuk mengganti puasa yang mereka lewatkan di hari lain.

Proses ini dikenal sebagai “qada” dan harus dilakukan sebelum datangnya Ramadan berikutnya. Lalu, bagaimana cara menggantinya?

Waktu dan Cara Mengganti Puasa Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang tidak berpuasa di bulan Ramadan dapat mengganti puasanya setelah melahirkan dan kondisinya sudah memungkinkan untuk berpuasa. Biasanya, hal ini dilakukan setelah masa nifas selesai.

Ibu hamil dapat mengganti puasanya dengan berpuasa di hari-hari lain di luar bulan Ramadhan. Jumlah hari puasa yang harus diganti adalah sama dengan jumlah hari yang ditinggalkan selama Ramadan.

Waktu dan Cara Mengganti Puasa Bagi Ibu Menyusui

Ibu menyusui yang tidak berpuasa di bulan Ramadan dapat mengganti puasanya setelah selesai menyusui dan kondisinya sudah memungkinkan untuk berpuasa.

Sama seperti ibu hamil, ibu menyusui dapat mengganti puasanya dengan berpuasa di hari-hari lain di luar bulan Ramadhan. Jumlah hari puasa yang harus diganti adalah sama dengan jumlah hari yang ditinggalkan selama Ramadhan.

Ibu hamil dan menyusui memiliki keringanan dalam beribadah puasa Ramadan. Mereka dapat mengganti puasanya di hari-hari lain setelah kondisi mereka memungkinkan. Namun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli agama sebelum memutuskan untuk tidak berpuasa atau mengganti puasa.(*)