Description

Warga Sanggau Diingatkan Waspada Ancaman Banjir dan Longsor

Banjir merendam sebagian wilayah Sanggau hingga atap rumah warga belum lama ini. Banjir dan longsor masih menjadi ancaman Sanggau
Banjir merendam sebagian wilayah Sanggau hingga atap rumah warga belum lama ini. Banjir dan longsor masih menjadi ancaman Sanggau. Foto: dok

Sanggau, BerkatnewsTV. Warga Sanggau diingatkan untuk waspada banjir dan longsor yang bakal mengancam tiba-tiba. Ancaman ini seiring cuaca ekstrem yang masih melanda Sanggau dalam kurun waktu lima hari kedepan sejak 7-13 Maret.

Hal itu berdasarkan analisa dan prospek dari BMKG cuaca di kalimantan Barat update tanggal 6 Maret 2024 jam 17.10 Wib, berdasarkan peta sebaran hujan provinsi Kalimantan Barat tanggal 5 Maret 2024 jam 07.00 Wib sampai tanggal 6 Maret 2024 jam 07.00 Wib.

Baca Juga:

“Sebagian besar hujan terjadi di wilayah Kalbar di dominasi intensitas sedang hingga lebat, namun terdapat wilayah yang mengalami hujan dengan intensitas sangat lebat yaitu sebagian kabupaten dan kota Bengkayang, Landak, Sanggau, Kapuas Hulu,” kata Plt BPBD Sanggau, Budi Darmawan, Kamis (7/3).

Ia menyebut, di beberapa wilayah sudah terjadi bencana banjir akibat meluapnya Sui Kapuas. Selain itu, ada beberapa wilayah lainnya mengalami tanah bergerak atau longsior seperti di Gang Bhineka, Gang Batu Ampar dan Gang Mekar jalan RE Martadinata.

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Sanggau agar selalu waspada dengan potensi bencana banjir dan longsor yang bisa saja terjadi tiba-tiba.(pek)