Description

Rekapitulasi di Kecamatan Sui Raya Terhenti Akibat Sirekap Down

Rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 di Kecamatan Sui Raya sempat terhenti lantaran server Sirekap mengalami down sehingga tidak bisa di up load, Minggu (18/2). Foto: dian
Rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 di Kecamatan Sui Raya sempat terhenti lantaran server Sirekap mengalami down sehingga tidak bisa di up load, Minggu (18/2). Foto: dian

Kubu Raya BerkatnewsTV. Rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 di Kecamatan Sui Raya sempat terhenti lantaran server Sirekap mengalami down sehingga tidak bisa di up load.

Kejadian itu terjadi saat proses rekapitulasi penghitungan suara 82 TPS dari Desa Arang Limbung Kecamatan Sui Raya.

“Sedang down bu, Sirekap kita istirahat sejenak,” ujar saksi dan petugas PPK menyampaikan kepada Komisioner KPU Kalbar, Syf Nuraini yang hadir, Minggu (18/2).

Pendataan penghitungan suara melalui Sirekap bukanlah semata-mata dipakai sebagai acuan KPU. Sayangnya petugas, keburu cemas tidak dapat membuka Sirekap disaat plotingan suara terlebih C pleno Parpol.

Baca Juga:

Komisioner KPU Kalbar, Syf Nuraini menuturkan Produk dari system tersebut, juga bagian dari document C pleno atau hasil yang terekap di TPS. Hanya saja, tersampaikannya produk C pleno dalam Sirekap sebatas transparasi ke publik.

“Jadi yang dinaikkan ke kecamatan untuk direkap, dasar penghitungannya itu C hasil bukan C salinan ataupun Sirekap,” tegas mantan Komisioner KPU Kubu Raya ini.

“Kalau saya melihat terlalu banyak dikhawatirkan, apa yang dikhawatirkan. Justru KPU itu berkeinginan transparansi ke publik. Kalau memang ade yang mau bercurang segale itu namenye mau bunuh diri. Masak kita mau memperlihatkan kecurangan, kan endak. Begitu selesai penghitungan di TPS difoto masuk ke Sirekap terkoneksi ke website KPU,” tambahnya.(dian)