Description

Napi Lapas Pontianak Kabur Ditemukan di Plafon Lapas

Selama dua minggu lebih dilakukan pencarian, akhirnya AS napi Lapas Klas IIA Pontianak yang kabur berhasil ditemukan petugas pada Jumat (9/2).
Selama dua minggu lebih dilakukan pencarian, akhirnya AS napi Lapas Klas IIA Pontianak yang kabur berhasil ditemukan petugas pada Jumat (9/2). Foto: ian/berkatnewstv

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Selama dua minggu lebih dilakukan pencarian, akhirnya AS napi Lapas Kelas IIA Pontianak yang kabur berhasil ditemukan petugas pada Jumat (9/2).

Ternyata AS (50) selama ini bersembunyi di atas plafon ruang genset Lapas. Saat itu, staf KPLP bersama petugas regu jaga pagi tengah melakukan kontrol serta memeriksa keadaan instalasi listrik di ruang genset.

“Tepat di waktu subuh dia turun ke ruangan genset karena sudah benar benar tidak mampu berada di atas, apalagi akhir akhir ini cuaca benar benar ekstrem. Kondisinya sudah melemah,” jelasnya Kepala Lapas Kelas IIA Pontianak, Julianto Budhi Prasetyono, Sabtu (10/2)

Baca Juga:

Usai dilakukan pemeriksaan mendalam oleh petugas, AS kemudian diamankan ke dalam strap sel tahanan untuk pengamanan dan sanksi atas pelanggarannya.

Kendati demikian AS kedepannya tetap menjalani masa pidana tanpa ada penambahan hukuman akibat dari kejadian ini, meskipun segala hak integrasinya sudah dipastikan tidak akan diberikan.

Julianto meminta petugas agar lebih mengedepankan sikap profesional serta menerapkan integritas dalam melaksanakan tugas khususnya bagi anggota petugas jaga.

“Jadikan ini sebagai sarana evaluasi, tingkatkan integritas dan selalu terapkan profesionalitas dalam menjalankan tugas,” imbaunya.(dian)