Description

Musrenbang Jangan Sekadar Seremoni

Pj Sekda Singkawang, Aulia Candra saat membuka Musrenbang RKPD Tahun 2025 di Singkawang Selatan pada Selasa (30/1) menekankan musrenbang jangan hanya sekadar seremoni. Foto: uck
Pj Sekda Singkawang, Aulia Candra saat membuka Musrenbang RKPD Tahun 2025 di Singkawang Selatan pada Selasa (30/1) menekankan musrenbang jangan hanya sekadar seremoni. Foto: uck

Singkawang, BerkatnewsTV. Pj Sekda Singkawang, Aulia Candra menekankan Musrenbang RKPD Tahun 2025 jangan hanya sekadar seremoni.

Menurutnya Musrenbang menjadi salah satu forum penting dalam rangka penyusunan rencana pembangunan daerah yang partisipatif dan berbasis pada kebutuhan riil masyarakat.

“Musrenbang bukanlah sekadar seremoni formalitas, tetapi merupakan wahana nyata bagi kita. Untuk melakukan evaluasi capaian pembangunan yang telah dilaksanakan, mengidentifikasi kebutuhan yang mendesak,” jelasnya saat membuka Musrenbang Kecamatan Singkawang Selatan, Selasa (30/1).

Dia beharap setiap suara dan aspirasi masyarakat dapat terdengar dan diintegrasikan ke dalam perencanaan pembangunan yang lebih akurat dan berkelanjutan.

Baca Juga:

Menurutnya, Musrenbang RKPD ini sangat berharga bagi semua pihak. Karena melalui forum ini warga memiliki kesempatan untuk bersama-sama merumuskan langkah-langkah strategis.

“Mengintegrasikan usulan pembangunan kedalam perencanaan pembangunan ke depan,” ucapnya.

Oleh karena itu, kata Aulia, kehadiran dan kontribusi dari setiap tokoh masyarakat, perwakilan dari berbagai lembaga, dan warga yang hadir hari ini, sangatlah berarti.

Selain itu guna merumuskan program-program prioritas yang akan menjadi arah pembangunan ke depan.

Dalam rangka optimalisasi pembangunan khususnya di wilayah Kecamatan Singkawang Selatan, usulan yang akan menjadi prioritas.

Harus memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal yaitu, Identifikasi Potensi Lokal, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pemberdayaan Masyarakat, Promosi Pariwisata dan Keindahan Alam, Pengembangan Infrastruktur Dasar, Pengelolaan Keuangan dan Sumber Daya serta Kolaborasi dan Kemitraan.

“Sampaikan pandangan dengan jujur, bijak, dan bertanggung jawab. Demi terwujudnya Kecamatan yang lebih maju, sejahtera, dan berdaya saing,” harapnya.(uck)