RSUD Soedarso Harus Siap Layani Pasien Pasca Tahun Baru

Pj Gubernur Kalbar Harrison didampingi Direktur RSUD dr Soedarso meninjau pasien rumah sakit, Kamis (28/12).
Pj Gubernur Kalbar Harrison didampingi Direktur RSUD dr Soedarso meninjau pasien rumah sakit, Kamis (28/12). Foto: ist/tmB

Pontianak, BerkatnewsTV. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soedarso diingatkan untuk harus siap melayani pasien pasca-Tahun Baru 2024.

Menurut Pj Gubernur Kalbar, Harisson pada saat hari libur keagamaan kunjungan pasien Soedarso dikatakan berkurang. Namun akan membludak setelahnya.

“Di Soedarso atau IGD-nya biasanya ada 120-150 kunjungan/hari, dan sekarang hanya sekitar 50-60 kunjungan. Tapi nanti setelah Natal dan Tahun Baru ini biasanya akan meningkat lagi, kembali ke seperti biasa yakni 120-150 kunjungan di IGD,” ungkapnya saat meninjau RSUD dr Soedarso, Kamis (28/12).

Harrison juga memastikan pada periode Liburan Natal dan Tahun Baru ini, SDM dan peralatan kesehatan yang ada di RSUD dr. Soedarso akan selalu tersedia untuk melayani masyarakat.

Baca Juga:

“Kalau misalnya ada masyarakat yang memerlukan bantuan pelayanan kesehatan, di IGD dr. Soedarso ini, mereka siap untuk melayani,” tegasnya.

Ia sebutkan berdasarkan hasil tinjuannya tadi bahwa pasien-pasien yang sedang dirawat cukup bervariasi seperti demam dan ada yang kejang.

“Malah penyakit Demam Berdarah (DBD) yang sekarang turun karena musim liburan. Anak-anak tidak datang ke sekolah dan ini kalau menurut saya yang membuat DBD nya turun. Memang ke depan harus terus memperhatikan sanitasi, kebersihan lingkungan di lingkungan sekolah. Karena anak-anak kita itu kan separuh hidupnya itu di sekolah,” katanya.

Terakhir dirinya berpesan kepada Kepala Daerah Kab/Kota se-Kalbar untuk memperhatikan pelayanan kesehatan selama periode liburan Natal dan Tahun Baru.

“Karena yang namanya sakit, masyarakat yang sakit itu kan tidak mengenal libur, jadi petugas kesehatannya tetap harus standby. Misalnya di puskesmas ini, harus ada di situ tertera siapa yang piket pada hari itu, lengkap dengan nomor HP nya. Sehingga kalau ada yang sakit nanti tinggal menghubungi nomor HP tersebut,” tutupnya.(tmB)