Description

Soal Rumor Nyamuk Wolbachia Lawan DBD, Ini Penjelasan Ontot

Plt Bupati Sanggau Yohanes Ontot saat Jumat Bersih Jumat (17/11) menyatakan masyarakat tidak perlu khawatir beredar rumor penyebaran nyamuk wolbachia. Foto: pek
Plt Bupati Sanggau Yohanes Ontot saat Jumat Bersih Jumat (17/11) menyatakan masyarakat tidak perlu khawatir beredar rumor penyebaran nyamuk wolbachia. Foto: pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Pemerintah Kabupaten Sanggau menyatakan masyarakat tidak perlu khawatir beredar rumor penyebaran nyamuk wolbachia untuk lawan DBD.

Nyamuk tersebut dikabarkan justeru resisten terhadap virus dan membawa virus baru yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Penyebaran nyamuk wolbachia yang sebenarnya bertujuan menanggulangi Demam Berdarah Dengue (DBD) itu terus menuai kontroversi di masyarakat.

Kementerian Kesehatan dikabarkan menunda penyebaran ribuan telur nyamuk wolbachia dikarenakan mendapat penolakan dari warga Bali yang menjadi pilot projek pertama penanggulangan DBD melalui nyamuk wolbachia.

“Tidak perlu khawatir. Kalau itu memang benar saya kira pemerintah tidak akan tinggal diam,” katanya disela Jumat Bersih, Jumat (17/11).

Ontot mengingatkan, apapun wabah yang melanda negeri ini haruslah diwaspadai, termasuk di Kabupaten Sanggau, Dinas Kesehatan sebagai leading sektor yang bertanggungjawab menyehatkan warga Sanggau harus peduli dengan kondisi saat ini.

“Dinas Kesehatan harus care dan care serta respon terhadap kondisi saat ini. Masyarakat juga harus berperan aktif karena persoalan wabah ini bukan hanya tanggung jawab Pemerintah tapi juga kita semua, meskipun leading sektornya tetap pemerintah,” ujarnya.(pek)