Description

Terapkan 6 M 1 S Dampak Asap Karhutla

Kabut asap yang menyelimuti Kota Ketapang semakin hari kian tebal, akibat dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah. Dinas Kesehatan Ketapang mengimbau masyarakat untuk menerapkan beberapa langkah yang disingkat dengan 6 M 1 S.
Kabut asap yang menyelimuti Kota Ketapang semakin hari kian tebal, akibat dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah. Dinas Kesehatan Ketapang mengimbau masyarakat untuk menerapkan beberapa langkah yang disingkat dengan 6 M 1 S. Foto: naufal

Ketapang, BerkatnwsTV. Kabut asap yang menyelimuti Kota Ketapang semakin hari kian tebal, akibat dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah. Dinas Kesehatan Ketapang mengimbau masyarakat untuk menerapkan beberapa langkah yang disingkat dengan 6 M 1 S.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Ketapang, Feria Kowira menjelaskan 6 M 1 S ini mencakup, menjaga kesehatan dengan beristirahat yang cukup, perbanyak minum air putih dan tidak merokok, mengurangi aktivitas di luar ruangan dan menutup ventilasi rumah/kantor/sekolah/tempat umum di saat polusi udara tinggi, menghindari sumber polusi dan asap rokok.

Baca Juga:

“Selain itu masyarakat harus menggunakan masker dan kacamata saat beraktivitas di luar ruangan, melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, mengkonsumsi makanan bergizi,” terangnya.

Feria juga menekankan kepada masyarakat untuk segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat jika muncul keluhan pernafasan seperti sesak nafas dan gangguan pernafasan lainnya.

“Sehubungan dengan meningkatnya ketebalan kabut asap akibat karhutla, kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat mengikuti imbauan kami agar terhindar dari gangguan kesehatan,” ujarnya.(naf)