Description

Menteri Perdagangan Jamin Stok Beras Aman

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjamin stok beras di Indonesia sangat aman. Sebab jumlahnya sangat banyak sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjamin stok beras di Indonesia sangat aman. Sebab jumlahnya sangat banyak sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pontianak, BerkatnewsTV. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjamin stok beras di Indonesia sangat aman. Sebab jumlahnya sangat banyak sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepastian itu disampaikan Zulkifli saat meninjau stabilitas harga di Pasar Flamboyan Pontianak pada Sabtu (2/9) seiring langkanya beras di sejumlah tempat di beberapa daerah di Indonesia.

“Masyarakat tidak perlu khawatir beras langka. Karena stok beras kita ada 1,6 juta ton,” katanya.

Sehingga Zulkifli meminta masyarakat terutama di Kalimantan Barat tidak perlu khawatir berlebihan dengan kebutuhan pangan beras.

Baca juga:

Namun diakui Zulkifli terjadi kenaikan harga beras di sejumlah pasar tradisional. Akan tetapi ia menilai hal itu masih tidak terlalu tinggi.

“Memang ada kenaikan sedikit. Dalam satu pekan terakhir untuk beras medium berkisar Rp11.500 per kilo sebelumnya Rp 11.000 per kilo,” ungkapnya.

Sementara untuk harga bahan pokok (bapok) lainnya dinilai masih stabil.

Untuk sementara komoditas dengan harga stabil yakni gula pasir Rp14 ribu per kilo, minyak goreng kemasan Rp14 ribu per liter, minyak goreng curah Rp13.500 per liter, minyak goreng kemasan premium Rp18 ribu per liter, daging sapi Rp150 ribu per kilo, telur ayam ras Rp32 ribu per kilo dan tepung terigu Rp12 ribu per kilo.(dian)