Description
SAMBAS  

Belasan Ribu e-KTP di Sambas Lamban Dicetak

Warga di Sambas yang antri untuk membuat e-KTP di Dinas Dukcapil Sambas. Namun hingga kini tercatat belasan ribu e-KTP lamban dicetak. Foto: dar
Warga di Sambas yang antri untuk membuat e-KTP di Dinas Dukcapil Sambas. Namun hingga kini tercatat belasan ribu e-KTP lamban dicetak.

Sambas, BerkatnewsTV. Belasan ribu e-KTP di Sambas lamban dicetak. Akibatnya banyak masyarakat yang mengeluhkan pencetakan e-KTP yang sangat lama.

Bahkan warga harus menunggu antrian hingga satu tahun untuk mendapatkan kepastian e-KTP nya jadi.

Keluhan itu dirasakan salah seorang warga Kecamatan Tebas, soleha yang sudah menunggu selama hampir 1 tahun lebih untuk mendapatkan KTP.

“Sudah hampir satu tahun saya buat KTP tapi sampai hari ini belum juga jadi,” kesalnya, Jumat (28/7).

Baca Juga:

Sementara itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sambas mencatat jumlah antrian pencetakan KTP elektronik mencapai 17 ribuan lembar.

Kabid Pengelolaan Administrasi Kependudukan Dinas Dukkcapil sambas Muslimin, mengungkapkan penyebab lamanya pencetakan e-KTP di Sambas disebabkan minimnya blangko.

“Dalam Seminggu terakhir kami hanya mendapat kiriman blanko dari Ditjen Dukcapil Kemendagri 5 ribu lembar, sementara perekaman terus berlangsung. Jadi antara keperluan dengan pasokan blangko sangat jauh sekali berbedanya,” tuturnya.

Untuk mengatasi itu ia sebutkan Dinas Dukcapil Sambas dan Disdukcapil Provinsi Kalbar melakukan perekaman dan pencetakan mobile selama tiga hari khususnya di Kecamatan Tebas.

“Ditjen Dukcapil Kemendagri telah membantu 3 unit alat perekaman dan mesin pencetakan KTP untuk mengatasi keterlambatan ini,” jelasnya.

Alhasil, ia sebutkan, setiap harinya ada sekitar 450 KTP dapat dicetak. “Mudah – mudahan dalam 2 atau 3 hari dapat menyelesaikan pencetakan seribuan lebih,” harapnya.(dar)