Description

Relaksasi di Riam Jajak Buru Landak

Riam Jajak Buru hanya 3,5 jam saja dari Kota Pontianak, lebih tepatnya di Desa Gombang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Riam Jajak Buru menawarkan keindahan alam yang memukau dan suasana yang tenang.
Riam Jajak Buru hanya 3,5 jam saja dari Kota Pontianak, lebih tepatnya di Desa Gombang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Riam Jajak Buru menawarkan keindahan alam yang memukau dan suasana yang tenang. Foto: iki

Landak, BerkatnewsTV. Apakah Anda sedang mencari tempat wisata alam yang indah dan menenangkan untuk relaksasi dekat dari Kota Pontianak? Jika ya, maka wisata Riam Jajak Buru adalah jawabannya.

Riam Jajak Buru hanya 3,5 jam saja dari Kota Pontianak, lebih tepatnya di Desa Gombang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Riam Jajak Buru menawarkan keindahan alam yang memukau dan suasana yang tenang.

Untuk mencapai lokasi riam Jajak Buru, Anda dapat melalui simpang pasar Desa Senakin yang mengarah ke Desa Gombang. Perjalanan dilanjutkan sekitar 10 kilometer.

Meskipun jaraknya cukup jauh, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan sepanjang perjalanan. Namun, perlu diingat bahwa jalan menuju riam masih tergolong kecil, dan terdapat beberapa titik jalan rusak, sehingga Anda harus tetap berhati-hati.

Sesampainya di lokasi, bagi yang menggunakan mobil, hanya dapat memarkir kendaraan di parkiran luar dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju riam kurang lebih 5-7 menit. Untuk tiket masuk, Anda hanya membayar biaya parkir sebesar Rp20.000 untuk mobil, sementara motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000.

Saat memasuki area Riam Jajak Buru, Anda akan disambut dengan bunyi derasnya air yang mengalir dari pegunungan. Suasana tenang dan sejuk khas Kalimantan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Aliran air yang jernih begitu memanjakan mata dan seolah-olah menggoda untuk mencoba merasakan sejuknya air di riam ini.

Riam ini terbagi menjadi tiga tingkatan. Tingkatan paling atas memiliki kolam yang cukup dalam dengan kondisi arus yang tenang. Di tingkatan kedua, Anda dapat merasakan sensasi berenang di arus yang deras, namun harus berhati-hati karena kondisi batu yang licin akibat ditumbuhi lumut. Tingkatan paling bawah cocok bagi Anda yang membawa anak kecil, karena di sini mereka dapat berenang di air yang lebih cetek dan tenang. Selain itu, luas sungai di tingkatan paling bawah lebih lebar.

Selain menyajikan sungai yang indah dan pemandangan alam yang asri, Riam Jajak Buru juga telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti kantin dan kamar ganti yang dapat digunakan dengan membayar biaya sebesar Rp2.000.

Dengan keindahan alam yang memukau dan fasilitas yang memadai, wisata Riam Jajak Buru menjadi destinasi yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Jadi tunggu apa lagi? Segera rencanakan kunjungan Anda ke Riam Jajak Buru dan nikmati keindahan alamnya (iki)