Description

Warga Muhammadiyah Kalbar Mulai Salat Idul Adha

Warga Muhammadiyah Kalbar melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah pada Senin (17/6) diantaranya di Masjid Muhammadiyah Al-Furgan di Paris II Kota Pontianak. Foto: dok
Warga Muhammadiyah Kalbar melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah pada Senin (17/6) diantaranya di Masjid Muhammadiyah Al-Furgan di Paris II Kota Pontianak. Foto: dok

Pontianak, BerkatnewsTV. Warga Muhammadiyah Kalbar mulai melaksanakan Salat Idul Adha 1444 H pada Rabu (28/6) di sejumlah tempat.

Pelaksanaan Salat Idul Adha berdasarkan Surat Keputusan dengan Nomor 1/MLM/I.O/E/2023 yang telah dilayangkan kepada seluruh pengurus Muhammadiyah se-Kalbar.

Salah satunya lapangan Masjid Muhammadiyah Al-Furgan di Paris II telah dipadati jamaah Muhammadiyah sejak pukul 07.00 -09.00 wib yang dipimpin H. Bachrulmazi serta khotib H. Syahid Hamdan.

Sekretaris Muhammadiyah Kalbar Ahmad Zaini mengatakan, volume jamaah pada tahun ini lebih ramai dari tahun sebelumnya.

“Bahkan selain di lapangan masjid kita memakai ruang salat dalam masjid untuk shaf perempuan,” jelasnya, Rabu (28/6).

Sedangkan titik pelaksanaan Salat Idul Adha kata Zaini ada enam titik yang secara serentak menunaikan salat berjamaah diantaranya Masjid Muhammadiyah Darul Hasan, halaman Panti Muhammadiyah Tunas Melati, Perguruan Muhammadiyah A. Yani, Masjid Muhammadiyah Al Furgan.

Baca Juga:

“Halaman Kampus Polita di Pontianak Kota, Pontianak Timur, Barat, dan Utara masih dilakukan pendekatan kepada komponen masyarakat karena bermanhaj berbeda,” ungkapnya.

Sementara Panitia Idul Adha Masjid Al-Furgon Paris II Agus Purwanto menambahkan tausiyah yang pimpin khotib menjelaskan makna berkurban yang telah dilakukan nabi Ibrahim Alaihis Salam.

“Kuncinya bagaimana menjalankan amanah dan pengorbanan. Yang dimana keteguhan imam Nabi Ismail AS, sedang diuji pada waktu itu,” jelasnya.

Pihaknya jelas Dia akan berkurban besok sebanyak 12 ekor sapi, dan 7 ekor kambing yang dilaksanakan di halaman SMA Muhammadiyah satu (lingkungan Masjid Al-Furgon).(dian)