Description

Smart City Mengikuti Perkembangan Teknologi

Bimtek pembuatan manajemen plan smat city Ketapang, Senin (19/6)
Bimtek pembuatan manajemen plan smat city Ketapang, Senin (19/6). Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Seiring berkembangkanya teknologi di era digital semua pihak dituntut bertransformasi ke digital dalam segala aspek kegiatan.

“Salah satu upaya transformasi digital ini dengan menerapkan konsep Kota Cerdas (Smart City). Pembangunan berbasis Smart City pada pemerintah daerah merupakan strategi yang komprehensif, inklusif, efektif dan efisien,” kata Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Maryadi Asmuie saat Bimtek Pembuatan Masterplan Smart City, Senin (19/6).

Menurutnya, mewujudkan konsep Smart City membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dirinya berpesan untuk serius, berkomitmen dan usaha yang maksimal dari setiap elemen baik itu dari pemerintahan, swasta, BUMN, komunitas IT dan masyarakat sehingga Smart City dapat tercapai di Kabupaten Ketapang.

“Proses ini kita mulai dengan menyusun sebuah masterplan Smart City Kabupaten Ketapang dengan harapan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat agar menjadi lebih baik, transparan akuntabel dan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas di berbagai kegiatan dan layanan publik,” jelasnya.

Baca Juga:

Diketahui Kabupaten Ketapang lolos sebagai salah satu diantara 50 Kabupaten/Kota yang masuk dalam Gerakan 100 Smart City Indonesia. Sebelumnya Kabupaten Ketapang telah mengikuti penilaian Smart City sebanyak 2 kali dan pada tahun 2022 pada penilain ketiga Kabupaten Ketapang dinyatakan lolos.

“Saya tegaskan kepada seluruh peserta bimtek ini untuk berdiskusi dengan baik, berikan data dan informasi yang dibutuhkan kepada tim penyusun masterplan Smart City agar dapat menghasilkan dokumen yang komprehensif dan selaras dengan kebutuhan Smart City Kabupaten Ketapang, ini pekerjaan rumah kita bersama,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang Sukirno menjelaskan, tujuan dari bimtek ini untuk menyamakan persepsi konsep Smart City Kabupaten Ketapang dan juga untuk memperkuat komitmen bersama stakeholder dalam pelaksanaannya.

“Bimtek ini juga sebagai persiapan penyajian data dan informasi pendukung penyusunan masterplan Smart City Kabupaten Ketapang serta Quick Win Program percepatan pelaksanaannya,” jelasnya.(naf)