Description

IDI Ajak Donor Darah Selamatkan Tiga Nyawa

Ketua IDI Cabang Ketapang Juhendro saat membuat aksi donor darah dalam rangka HUT ke-72 IDI, Senin (12/6)
Ketua IDI Cabang Ketapang Juhendro saat membuat aksi donor darah dalam rangka HUT ke-72 IDI, Senin (12/6). Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ketapang mengajak masyarakat untuk melakukan donor darah menjelang Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2023.

Sebab menurut Ketua IDI Cabang Ketapang Juhendro donor darah memberikan sederet manfaat kesehatan.

“Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan donor darah, terutama bagi orang lain atau pasien yang sangat membutuhkannya. Mengacu pada Palang Merah Amerika, sumbangan darah dari satu orang dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa. Bahkan, tiap dua detik akan dibutuhkan satu orang pendonor,” ujarnya Senin (12/6).

Juhendro menjelaskan, donor darah menjadi momen yang tepat untuk menyebarkan kebaikan sekaligus menyehatkan tubuh. Tidak hanya untuk penerima, pendonor juga bisa mendapatkan manfaat.

Baca Juga:

  • 200 Orang Donor Darah Peringati HUT Pemprov Kalbar
  • Pahala Donor Darah di Bulan Puasa

Adapun beberapa manfaat bagi para pendonor darah:

  1. Mendeteksi Penyakit

Sebelum bisa mendonorkan darah, tentunya kamu harus melewati sejumlah pemeriksaan. Prosedur standarnya adalah pemeriksaan darah untuk mendeteksi penyakit serius. Ada beberapa tes yang kamu perlu lakukan seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria.

Hal ini penting dilakukan demi mengantisipasi adanya penularan penyakit melalui transfusi darah. Prosedur ini juga menjadi “lampu kuning” bagi pendonor agar lebih memperhatikan kondisi kesehatannya sendiri.

  1. Meningkatkan Produksi Sel Darah

Donor darah bukan berarti bisa mengurangi kadar darah yang dimiliki pendonor. Justru, kegiatan ini bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Setelah melakukannya, sel darah memang akan berkurang.

amun, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang.

Proses ini akan memakan waktu beberapa minggu. Dengan kata lain, seseorang yang mendonorkan darahnya secara teratur, tubuhnya akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

  1. Panjang umur

Menurut banyak penelitian, berbuat baik dapat membuat seseorang hidup lebih lama sekitar empat tahun. Kegiatan donor darah juga termasuk kegiatan yang dermawan karena dapat menolong orang lain yang sedang membutuhkan.

Menurut penelitian donor darah juga bisa menjaga kesehatan emosi seseorang. Membantu orang lain, seperti mendonorkan darah bisa mengurangi tingkat stres hingga membantu menghilangkan perasaan negatif.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Donor darah ini juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%.

Tak hanya itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil.

  1. Membakar Kalori

Tidak banyak yang tahu kalau kegiatan ini bisa membakar kalori. Setiap 450 mililiter darah yang kamu donorkan bisa membakar sampai 650 kalori. Nah, pastikan pendonor banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan sebelum melakukan donor.(naf)