Description

PKK CCTV Atasi Stunting dan Kemiskinan

Gubernur Kalbar Sutarmidji saat membuka Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 Tingkat Provinsi Kalbar di Halaman Kantor Bupati Bengkayang, Kamis (8/6).
Gubernur Kalbar Sutarmidji saat membuka Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 Tingkat Provinsi Kalbar di Halaman Kantor Bupati Bengkayang, Kamis (8/6). Foto: ist

Bengkayang, BerkatnewsTV. Tim Penggerak PKK dinilai sangat penting dan menjadi CCTV membantu program pemerintah dalam menurunkan stunting maupun mengentaskan kemiskinan.

Apalagi TP PKK terbentuk di setiap level pemerintahan, mulai dari pusat hingga ke lingkup terkecil yaitu desa bahkan RT

“TP PKK ini dari level pusat sampai ke kelurahan atau desa, bisa dijadikan cctv untuk melihat permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah. Biasanya yang lebih tahu kondisi kesehatan masyarakat, kader PKK lebih tahu itu karena mereka benar – benar turun langsung ke lapangan,” kata Gubernur Kalbar Sutarmidji saat membuka Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 Tingkat Provinsi Kalbar di Halaman Kantor Bupati Bengkayang, Kamis (8/6).

Baca Juga:

Menurutnya 10 program pokok PKK mengakomodir pemberdayaan masyarakat dan dapat menjadi indikator utama dalam menyelesaikan masalah stunting dan kemiskinan.

“Ketika kita berbicara masalah stunting dan sebagainya, saya berharap PKK mengambil peran lebih khususnya di Kalbar. Karena langkah – langkah yang kita lakukan dalam penurunan stunting, sangat dipahami oleh para kader PKK,” tuturnya.

Sutarmdji optimis seluruh permasalah tersebut akan dapat terselesaikan apabila ada kerjasama dan sinergitas yang baik dari semua pihak tak terkecuali TP PKK.

“Jika ada bupati/ wali kota yang tidak mau bersinergi program dengan TP-PKK dan tidak menyediakan anggaran maka daerah tersebut pasti akan mengalami tugas yang sangat berat,” ucapnya.

Sebab menurutnya ada hal-hal yang kita harus capai itu seperti menekan angka kemiskinan bisa disinergikan dengan PKK. meningkatkan produksi UMKM bisa dengan tim penggerak PKK.(tmB)