Description

Disparbud Seleksi Putra – Putri Batik Nusantara

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Ketapang melakukan seleksi kepada peserta yang mengikuti Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara, Rabu (7/6).
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Ketapang melakukan seleksi kepada peserta yang mengikuti Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara, Rabu (7/6). Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Ketapang melakukan seleksi untuk Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara.

Kepala Disparbud Kabupaten Ketapang Junaidi Firawan menjelaskan, peserta akan mengikuti beberapa tahapan seleksi diantaranya technical meeting sekaligus interview dan adu bakat. Dari semua yang mendaftarkan akan dipilih enam peserta baik putra maupun putri untuk masuk ke grand final.

“Peserta yang lolos pada babak interview dan ajang adu bakat, akan lanjut ke grand final. Tahapan itu akan berlangsung di hari terakhir malam grand final di Citimall Ketapang,” ujarnya Rabu (7/6).

Baca Juga:

Sementara itu Kabid Pengembangan Sumberdaya Ekonomi Kreatif sekaligus Pelaksana Kegiatan Mustaan menegaskan, nantinya para peserta yang sudah lulus interview harus tampil maksimal dan percaya diri, juri akan menilai dari segala aspek mulai dari penampilan hingga pengetahuan model.

“Jika sudah tampil, harus maksimal dan percaya diri. Dan juri tidak hanya menilai paras, tetapi wawasan dan lainnya juga dinilai,” katanya.

Mustaan berpesan kepada para peserta yang ikut dan tidak lolos untuk tidak berkecil hati, menurutnya dalam sebuah kompetensi menang dan kalah itu adalah hal yang wajar.

“Dalam kompetisi sudah wajar jika ada yang menang dan kalah, serta jangan berkecil hati. Sebab kegagalan adalah kunci kesuksesan selanjutnya. Tetap semangat,” terangnya.

Heri Susanto, Sub Koordinator Bidang Ekonomi Kreatif berharap pemilihan putra/putri batik yang akan digelar ini dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya bangsa sendiri khususnya pada generasi muda. Selain itu, sebagai ajang mempromosikan potensi batik Ketapang yang masih belum dikenal.

“Harapannya pada pemilihan putra/putri batik nusantara ini dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga pada budaya, khususnya untuk generasi muda. Selain memperkenalkan budaya kepada kaum muda, kompetensi ini juga dapat memperkenalkan batik khas Ketapang yang belum banyak dikenal oleh masyarakat,” tutupnya.(naf)