Description

DPC ABPEDNAS Kayong Utara Dilantik. Citra Ingatkan Harmonisasi

Ketua ABPEDNAS Kalbar melantik DPC ABPEDNAS Kayong Utara periode 2023-2028 yang dipimpin Abang Amirrudin dilantik, Senin (22/5) disaksikan Bupati Kayong Utara CItra Duani
Ketua ABPEDNAS Kalbar melantik DPC ABPEDNAS Kayong Utara periode 2023-2028 yang dipimpin Abang Amirrudin dilantik, Senin (22/5) disaksikan Bupati Kayong Utara CItra Duani. Foto: budiman

Kayong Utara, BerkatnewsTV. DPC ABPEDNAS Kayong Utara periode 2023-2028 yang dipimpin Abang Amirrudin resmi dilantik.

Ketua DPD ABPEDNAS Kalbar, Busri berharap DPC ABPEDNAS Kayong Utara dapat membesarkan organisasi dan mengakomodir aspirasi yang disampaikan anggota yakni Badan Permusyaratan Desa (BPD).

“Semoga kita tetap solid menjalankan tupoksi kita sebagai pengurus dan anggota BPD sehingga roda pembangunan desa tetap bisa lancar untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya disela pelantikan Senin (22/5).

Apalagi menurutnya, BPD dalam sistem pemerintahan desa saat ini menempati posisi yang sangat penting. Fungsi BPD, selain membahas dan menyepakati rencana Peraturan Desa (Perdes) bersama kepala desa juga berfungsi menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Baca Juga:

Sementara itu Bupati Kayong Utara, Citra Duani menilai keberadaan ABPEDNAS Kayong Utara sangat lah penting untuk mengimbangi kemajuan, kesejahteraan desa.

Sebab peran BPD sangat strategis yang tupoksinya kurang lebih seperti anggota DPRD. Namun demikian, Citra mengingatkan soal harmonisasi BPD dan kepala desa.

“Jangan sampai BPD dan kepala desa tak betegoran karena akan banyak yang dikorbankan. Semoga lah tak ada di Kayong Utara ini,” harapnya.

Citra juga menambahkan dalam musyawarah desa harus sering memberikan masukkan dan saran untuk kemajuan desa.

“Jangan sampai uang negara dinikmati untuk kepentingan Pribadi. Inspektorat saya memang perintahkan untuk independen kalau memang ada pelanggaran pengunaan uang negara kita proses. Sedikit banyak pun duit negara,” tegasnya.(man/tmB)