Description

Jamaah Haji Kubu Raya 323 Orang. Tertua 95 Tahun Termuda 22 Tahun

Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya saat membuka manasik haji yang diikuti 323 Calon Jamaah Haji Kubu Raya yang 33 jamaah diantaranya lanjut usia (lansia), Senin (15/5). Foto: dian
Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya saat membuka manasik haji yang diikuti 323 Calon Jamaah Haji Kubu Raya yang 33 jamaah diantaranya lanjut usia (lansia), Senin (15/5). Foto: dian

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Sebanyak 323 Calon Jamaah Haji Kubu Raya akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Dari jumlah itu, 33 jamaah diantaranya lanjut usia (lansia)

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya, Ruslan bertambahnya angka CJH lansia adanya sistem yang mengharuskan umur lansia untuk diutamakan.

“Karena faktor umur, misal 95 tahun keatas kalau tidak ada umur 85 keatas jadi, Alhamdulilah kita mendapat 33 lansia. Dari total 323 CJH, yang paling tua berumur 93 tahun dari Sumber Agung, kemudian termuda dari Sui Raya berumur 22 tahun,” ucapnya usai manasik haji Kubu Raya, Senin (15/5).

Sementara itu Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan dari 33 lansia ini masih dalam keadaan sehat, begitu pula Calon Jamaah Haji (CJH) lansia yang berumur 93 tahun.

Muda yakin dengan proses dari Kemenag dan serta rekomondasi Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan langkah-langkah konkrit dalam melindungi para CJH asal Kubu Raya.

“Kita optimis semua dapat menjalankan proses tahapan haji, dengan pulang dalam keadaan sehat dan baik,” ujarnya.

Baca Juga:

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalbar, Muhajirin Yanis menuturkan manasik haji ini dilakukan serentak oleh kabupaten lainnya. Keberangkatan 2.519 CJH Kalbar menuju embarkasi Batam pada tanggal 14 Juni 2023.

“Pada prinsipnya manasik di kabupaten/ kota itu dilakukan sebanyak dua kali. Fungsinya memberikan informasi dan penguatan kloter dari jamaah. Sementara ditingkat materi ibadah, manasik dan sebagainya dilakukan sebanyak delapan kali,” terangnya.

Sedangkan dari aspek kesehatan, kata Muhajirin pihaknya juga memperkuat CJH saat melakukan ibadah haji di tanah suci Mekah.

“Mudah-mudahan jamaah haji kita ini semua dapat berangkat dengan jadwal yang sudah kita tentukan,” harapnya.

Dari total 2.519 CJH Kalimantan Barat bersama petugas kesehatan kata dia ada satu orang lansia perempuan yang berumur 97 tahun asal Pontianak, termuda 18 tahun.

Pada keberangkatan haji di tahun ini, kuota paling banyak adalah Pontianak dan kuota yang paling sedikit Kabupaten Kayong Utara.

“Haji dengan umur muda ini, kemungkinan pada saat ia mendaftar pada usia 10 tahun. Karena ini (pendaftaran haji) menunggu dari 10 sampai 11 tahun,” jelasnya.(dian)