Gandeng Politap Seleksi Balon Kades

Sekda Ketapang Alexander Wilyo tanda tangan naskah kerjasama dengan Politeknik Negeri Ketapang (Politap) untuk pelaksanaan seleksi balon kepala desa, Kamis (11/5)
Sekda Ketapang Alexander Wilyo tanda tangan naskah kerjasama dengan Politeknik Negeri Ketapang (Politap) untuk pelaksanaan seleksi balon kepala desa, Kamis (11/5). Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Pemkab Ketapang menggandeng Politeknik Negeri Ketapang (Politap) untuk seleksi cakal calon kepala desa (balon kades) yang akan maju bertarung di Pilkades serentak.

Sekda Ketapang, Alexander Wilyo berharap Politap tidak hanya fokus pada pendidikan di kampus akan tetapi bisa lebih dari itu sehingga eksistensinya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakatnya.

Description

“Saat ini ada 121 desa yang akan melaksanakan Pilkades, dari angka tadi ada 190 balon dari 27 desa yang harus melaksakan seleksi akademis dikarenakan bakal calon kadesnya lebih dari 5,” jelas Alexander usai penandatanganan naskah kerjasama dengan Direktur Politeknik Negeri Ketapang (Politap), Kamis (11/5).

Baca Juga:

Ia berpesan kepada bakal calon Kades yang akan mengikuti seleksi agar mempersiapkan diri karena ini adalah salah satu instrumen yang dirumuskan oleh pemerintah pusat untuk mendapatkan calon kepala desa yang kompeten.

“Seleksi ini bukan hanya sekedar formalitas akan tetapi seleksi ini adalah sistem ranking dan kami juga tidak akan mengintervensi pihak Politap dalam pelaksanaan tes seleksi ini sehingga pihak Politap harus bekerja secara profesional,” terangnya.

“Saya hanya memberikan arahan kepada pihak Politap agar mencantumkan 3 komponen dalam multiple choice yaitu pengetahuan ideologi kebangsaan, mengukur pengetahuan dan pemahaman tentang pengelolaan pemerintahan desa yang meliputi keuangan, administrasi dan kemasyarakatan,” pungkasnya.(naf)

Description